Ingin Lebih Produktif? Coba Goal Setting Yuk Mulai Hari Ini

Obsessive Compulsive Disorder
Obsessive Compulsive Disorder

Untuk mencapai hal-hal yang Anda jadikan tujuan, Anda perlu membuat goal setting. Goal setting atau penetapan tujuan merupakan langkah pertama sebagai bagian dari perencanaan masa depan Anda.

Mungkin Anda pernah merasa jika Anda tahu pencapaian apa yang ingin Anda capai, namun berujung tidak mencapai apa-apa karena tidak tahu bagaimana caranya. Anda mungkin telah kehilangan langkah pertama yang penting dalam hal ini. 

Tentunya, tujuan memiliki peran penting dalam perjalanan Anda. Goal setting menjadi sebuah motivator paling kuat dalam perjalanan Anda. Goal setting didasarkan pada premis bahwa tujuan yang dibuat secara sadar akan mempengaruhi aksi.  

Dalam menetapkan tujuan Anda, terdapat lima hal dasar yang penting untuk Anda lakukan. Pertama, Anda perlu memiliki komitmen terhadap tujuan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menetapkan tujuan yang jelas sehingga dapat termotivasi untuk mencapainya. Ketiga, tujuan yang Anda buat seharusnya cukup menantang namun tetap bisa dicapai.

Tujuan yang menantang juga akan memberikan Anda sedikit motivasi untuk melakukan perkembangan pribadi dan meningkatkan kemampuan Anda. Keempat, tetapkan tujuan yang realistis serta usahakan feedback atas proses Anda agar goal setting menjadi efektif.

Dengan goal setting, tetapkan tujuan yang membuat Anda produktif

Tetapkan tujuan Anda dengan menggunakan metode SMART, yaitu tujuan yang spesifik (Specific), terukur (Measurable), dapat dicapai (Achievable), relevan (Relevant), serta tepat waktu (Time-bound).  Buatlah pertanyaan spesifik yang jawabannya membuat Anda memikirkan tujuan Anda secara mendalam. Tujuan yang Anda buat juga seharusnya dapat terukur sehingga Anda dapat memantau progress Anda dan melakukan evaluasi.

Goal setting yang realistis

Tujuan yang Anda tetapkan sebaiknya tetaplah realistis sehingga lebih mungkin untuk diusahakan. Tujuan yang dapat membuat Anda produktif dan sukses adalah tujuan yang selaras dan saling berhubungan dengan tujuan lain maupun nilai diri dan rencana jangka panjang Anda. Tetapkan batas waktu untuk mengusahakan tujuan yang Anda tetapkan.

Buatlah daftar tujuan

Untuk mempermudah Anda, buatlah daftar hal-hal kecil yang perlu Anda lakukan yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pencapaian tujuan Anda. Jika Anda menetapkan tujuan dengan batas waktu tertentu, cobalah untuk konsisten pada rencana waktu atau schedule yang Anda tetapkan.

Buatlah skala prioritas

Dalam schedule Anda, prioritaskan tugas dan pekerjaan Anda berdasarkan urgensi, kemudian kompleksitas dan waktu sehingga Anda dapat bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas dengan waktu yang efisien dan efektif. Selalu pantau progress Anda, berikan feedback berupa apresiasi maupun evaluasi yang membangun, dan jangan lupa untuk memiliki motivasi diri yang baik.