Gangguan Fobia Sosial: Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya

Gangguan Fobia Sosial: Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya
Gangguan Fobia Sosial: Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya

Healmind – Simak info seputar gangguan fobia sosial, mulai dari penyebab, gejala, sampai cara mencegahnya, di sini.

Merasa gugup dalam beberapa situasi sosial adalah hal yang wajar. Misalnya, pergi berkencan atau memberikan presentasi dapat menyebabkan perasaan berdebar-debar di perut Anda.

 Namun pada gangguan kecemasan sosial, disebut juga fobia sosial, interaksi sehari-hari menyebabkan kecemasan, kesadaran diri, dan rasa malu yang signifikan karena takut diawasi atau dinilai negatif oleh orang lain.

Gejala Fobia Sosial

Gejala emosional dan perilaku

Tanda dan gejala gangguan kecemasan sosial dapat berupa:

  • Takut akan situasi di mana Anda mungkin dihakimi secara negatif
  • Khawatir akan mempermalukan atau mempermalukan diri sendiri
  • Ketakutan yang intens untuk berinteraksi atau berbicara dengan orang asing
  • Takut orang lain akan menyadari bahwa Anda terlihat cemas
  • Takut akan gejala fisik yang mungkin membuat Anda malu, seperti wajah memerah, berkeringat, gemetar, atau suara gemetar
  • Menghindari melakukan sesuatu atau berbicara dengan orang lain karena takut malu
  • Menghindari situasi di mana Anda mungkin menjadi pusat perhatian
  • Kecemasan dalam mengantisipasi aktivitas atau peristiwa yang ditakuti
  • Ketakutan atau kecemasan yang intens selama situasi sosial
  • Analisis kinerja Anda dan identifikasi kelemahan dalam interaksi Anda setelah situasi sosial
  • Ekspektasi akan kemungkinan konsekuensi terburuk dari pengalaman negatif selama situasi sosial

Bagi anak-anak, kecemasan dalam berinteraksi dengan orang dewasa atau teman sebaya dapat ditunjukkan dengan menangis, mengamuk, bergantung pada orang tua, atau menolak berbicara dalam situasi sosial.

Jenis gangguan kecemasan sosial kinerja adalah ketika Anda mengalami ketakutan dan kecemasan yang intens saat berbicara atau tampil di depan umum, tetapi tidak dalam situasi sosial yang lebih umum lainnya.

Gejala fisik

Tanda dan gejala fisik terkadang menyertai gangguan kecemasan sosial dan mungkin termasuk:

  • Memerah
  • Detak jantung cepat
  • Gemetaran
  • Berkeringat
  • Sakit perut atau mual
  • Kesulitan mengatur napas
  • Pusing atau sakit kepala ringan
  • Merasa pikiran Anda menjadi kosong
  • Ketegangan otot

Menghindari situasi sosial yang umum

Pengalaman sehari-hari yang umum mungkin sulit untuk ditanggung ketika Anda menderita gangguan kecemasan sosial, termasuk:

  • Berinteraksi dengan orang asing atau orang asing
  • Menghadiri pesta atau pertemuan sosial
  • Pergi bekerja atau sekolah
  • Memulai percakapan
  • Melakukan kontak mata
  • Penanggalan
  • Memasuki ruangan yang sudah ada orang-orang yang duduk
  • Mengembalikan barang ke toko
  • Makan di depan orang lain
  • Menggunakan toilet umum

Gejala gangguan kecemasan sosial dapat berubah seiring waktu. Mereka mungkin kambuh jika Anda menghadapi banyak perubahan, stres, atau tuntutan dalam hidup Anda. Meskipun menghindari situasi yang menimbulkan kecemasan mungkin membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka pendek, kecemasan Anda kemungkinan besar akan berlanjut dalam jangka panjang jika Anda tidak mendapatkan pengobatan.

Seperti banyak kondisi kesehatan mental lainnya, gangguan kecemasan sosial kemungkinan besar muncul dari interaksi kompleks antara faktor biologis dan lingkungan. Kemungkinan penyebabnya meliputi:

  • Sifat yang diwariskan. Gangguan kecemasan cenderung diturunkan dalam keluarga. Namun, tidak sepenuhnya jelas seberapa besar hal ini disebabkan oleh genetika dan seberapa besar disebabkan oleh perilaku yang dipelajari.
  • Struktur otak. Sebuah struktur di otak yang disebut amigdala (uh-MIG-duh-luh) mungkin berperan dalam mengendalikan respons rasa takut. Orang yang memiliki amigdala yang terlalu aktif mungkin memiliki respons rasa takut yang tinggi, sehingga menyebabkan peningkatan kecemasan dalam situasi sosial.
  • Lingkungan. Gangguan kecemasan sosial mungkin merupakan perilaku yang dipelajari – beberapa orang mungkin mengalami kecemasan yang signifikan setelah situasi sosial yang tidak menyenangkan atau memalukan. Selain itu, mungkin ada hubungan antara gangguan kecemasan sosial dan orang tua yang mencontohkan perilaku cemas dalam situasi sosial atau lebih mengontrol atau terlalu protektif terhadap anak-anak mereka.

Faktor risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kecemasan sosial, antara lain:

  • Sejarah keluarga. Anda lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan sosial jika orang tua atau saudara kandung Anda mengidap kondisi tersebut.
  • Pengalaman negatif. Anak-anak yang mengalami ejekan, intimidasi, penolakan, ejekan atau penghinaan mungkin lebih rentan terhadap gangguan kecemasan sosial. Selain itu, kejadian negatif lainnya dalam hidup, seperti konflik keluarga, trauma, atau pelecehan, mungkin terkait dengan gangguan ini.
  • Perangai. Anak-anak yang pemalu, penakut, menarik diri, atau menahan diri ketika menghadapi situasi atau orang baru mungkin berisiko lebih besar.
  • Tuntutan sosial atau pekerjaan baru. Gejala gangguan kecemasan sosial biasanya dimulai pada masa remaja, namun bertemu orang baru, memberikan pidato di depan umum, atau membuat presentasi pekerjaan penting dapat memicu gejala untuk pertama kalinya.
  • Memiliki penampilan atau kondisi yang menarik perhatian. Misalnya, cacat wajah, gagap, atau gemetar akibat penyakit Parkinson dapat meningkatkan rasa tidak percaya diri dan dapat memicu gangguan kecemasan sosial pada beberapa orang.

Cara Mencegah Gangguan Fobia Sosial

Tidak ada cara untuk memprediksi apa yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan, namun Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak gejala jika Anda merasa cemas:

  • Cari bantuan lebih awal. Kecemasan, seperti banyak kondisi kesehatan mental lainnya, akan lebih sulit diobati jika Anda menunggu.
  • Buatlah jurnal. Mencatat kehidupan pribadi dapat membantu Anda dan ahli kesehatan mental mengidentifikasi apa yang menyebabkan Anda stres dan apa yang tampaknya membantu Anda merasa lebih baik.
  • Tetapkan prioritas dalam hidup Anda. Anda dapat mengurangi kecemasan dengan mengatur waktu dan energi Anda secara cermat. Pastikan Anda menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang Anda sukai.
  • Hindari penggunaan zat yang tidak sehat. Penggunaan alkohol dan obat-obatan, bahkan penggunaan kafein atau nikotin dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan. Jika Anda kecanduan salah satu zat ini, berhenti merokok bisa membuat Anda cemas. Jika Anda tidak dapat berhenti sendiri, temui penyedia layanan kesehatan Anda atau temukan program pengobatan atau kelompok dukungan untuk membantu Anda.