Daftar Makanan untuk Mengatasi Stres

Daftar Makanan untuk Mengatasi Stres
Daftar Makanan untuk Mengatasi Stres
Healmind – Simak daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi stres, di sini.

Mengenal Stres

Dikutip dari Primaya Hospital, Stres adalah ketegangan emosional atau fisik yang muncul akibat adanya tantangan, tuntutan, atau ancaman yang dirasakan. Ada banyak hal yang bisa memicu ketegangan ini, dari yang sederhana hingga kompleks.

Ketika seseorang merasa terancam, tertantang, atau kewalahan dalam mengerjakan sesuatu, tubuh memiliki mekanisme untuk memberikan respons.

Gejala Stres

Gejala stres pada setiap orang bervariasi karena respons setiap orang pun berlainan. Berikut ini beberapa gejala yang kerap muncul ketika seseorang dalam situasi tertekan:

  • Pusing atau mual
  • Masalah perut seperti diare atau sembelit
  • Nyeri dada
  • Detak jantung meningkat
  • Kehilangan selera makan
  • Menjadi mudah frustrasi, murung, atau kesal
  • Merasa kewalahan atau kurang kontrol
  • Kesulitan bersantai
  • Lemas
  • Insomnia
  • Sering melamun
  • Lebih sering sakit
  • Pikiran melayang ke mana-mana
  • Kekhawatiran terus-menerus

Penyebab Stres

Situasi dan kondisi yang menyebabkan stres disebut stressor. Ada dua macam stressor, yakni eksternal atau dari luar dan internal atau dari dalam diri sendiri.

Penyebab eksternal meliputi:

  • Perubahan besar dalam hidup, misalnya ada anggota keluarga yang meninggal
  • Masalah di kantor atau sekolah
  • Problem dalam hubungan dengan orang lain
  • Masalah keuangan
  • Terlalu sibuk
  • Anak-anak dan keluarga

Penyebab internal antara lain:

  • Pesimisme
  • Ketidakmampuan untuk menerima ketidakpastian
  • Berpikir kaku, kurang fleksibel
  • Berpikir negatif
  • Harapan yang tidak realistis

Makanan untuk Mengobati Stres

Ada begitu banyak makanan yang bisa menjadi obat pereda stres. Kuncinya ada pada kandungan makanan tersebut. Carilah makanan yang mengandung bahan berikut ini untuk mengobati stres:

  • Vitamin B, khususnya B12 yang bisa membantu mengendalikan kortisol alias hormon stres. Contohnya daging sapi, ayam, telur, dan sereal yang diperkaya dengan berbagai nutrisi.
  • Asam lemak omega-3 untuk mengurangi peradangan. Di antaranya ikan teri, kembung, salmon, tuna, alpukat, minyak zaitun, dan kenari.
  • Magnesium yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan kortisol, serta menenangkan tubuh dan pikiran. Contohnya pisang, brokoli, bayam, cokelat hitam, alpukat, dan biji labu.
  • Protein untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Misalnya almond, dada ayam, telur, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, polong-polongan, tuna, dan udang.
  • Kaya probiotik yang dapat menyeimbangkan gula darah dan mengurangi kolesterol, seperti kol, yoghurt Yunani, tempe, keju, dan acar timun.