Contoh Penerapan Mindfulness dan Manfaatnya

Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya
Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya

Healmind – Simak contoh-contoh penerapan mindfulnes dan manfaatnya, di sini.

Secara bahasa, mindfulness artinya kesadaran. Ini merupakan salah satu metode meditasi yang digunakan untuk melatih seseorang lebih fokus terhadap apa yang terjadi disekitarnya.

Mindfulness akan membantu Anda lebih sadar akan keadaan sekitar serta mampu menerima emosi secara terbuka.

Selama ini, apabila kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan hal negatif atau sekedar melamun pasti kan menguras banyak waktu tenaga dan pikiran.

Pola pikir yang cenderung negatif juga dapat meningkatkan risiko masalah mental, seperti stres, gangguan kecemasan, gangguan panik, hingga depresi.

Dewasa ini, mindfulness adalah salah satu metode meditasi meredakan stres atau kecemasan yang banyak diterapkan oleh orang.

Seperti tujuan mindfulness, yaitu untuk menenangkan pikiran dan memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini.

Cara Melakukan Mindfulness

Mindfulness dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, baik saat di rumah, di kantor atau di kelas khusus meditasi.

Meski begitu, terkadang seseorang dengan masalah psikologis, misalnya depresi atau gangguan kecemasan akan lebih sulit melakukannya.

Jadi, ada baiknya apabila langsung berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Secara umum, mindfulness adalah teknik sederhana yang dapat dilakukan dengan posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak jantung dan merasakan sensasi udara saat bernapas.

Selanjutnya, masih dalam posisi yang sama, cobalah memusatkan pikiran pada keadaan yang sedang terjadi, serta fokus pada emosi yang sedang dirasakan.

Identifikasi setiap emosi yang muncul, kenali dan mencoba menerima hal apapun yang membuat Anda emosi.

Lakukan latihan ini selama 3-5 menit secara rutin untuk membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu berpikir jernih.

Contoh Mindfulness

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba teknik meditasi yang satu ini, berikut beberapa tips lain untuk melakukannya.

1. Fokus Melatih Pikiran

Tujuan mindfulness adalah membuat pikiran lebih tenang dan fokus terhadap lingkungan sekitar.

Apabila Anda sering kali melakukan suatu hal dengan terburu-buru, cobalah untuk memulainya dengan perlahan, santai, namun tetap fokus.

Meski terkadang saat kita terlalu fokus mengerjakan sesuatu, banyak hal yang terlewatkan bahkan yang terjadi di sekitar.

Nah, mindfulness adalah latihan yang membuat Anda bisa menikmati keadaan sekitar secara lebih fokus dengan kelima indra.

2. Menikmati Proses Makan

Menerapkan mindfulness adalah metode yang dapat membuat suatu kegiatan menjadi lebih menyenangkan, seperti saat sedang akan.

Ketika sedang makan, usahakan untuk tidak terburu-buru. Mulailah dengan menghembuskan napas, berdoa, mencium aroma makanan, dan merasakan kelezatannya.

Cobalah fokus untuk makan tanpa melakukan hal lain, seperti bermain gadget agar Anda tetap fokus terhadap makanan.

3. Tenang saat Mengemudi

Padatnya lalu lintas terkadang membuat seseorang tidak sabar dan menimbulkan amarah serta meningkatkan stres.

Nah, pada saat itu, justru Anda dapat melatih mindfulness dengan meningkatkan mencoba bersabar terhadap kemacetan, berjalan perlahan, dan berhati-hati.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan empati pada orang lain serta mengembalikan keseimbangan dalam perspektif.

Manfaat Mindfulness

Mindfulness adalah metode yang memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan, terutama mental.

Mindfulness akan membuat Anda lebih tenang dan mencintai diri sendiri, sehingga kesejahteraan hidup dapat meningkat.

Manfaat mindfulness juga akan membantu Anda berpikir lebih jernih sehingga bisa lebih tenang dalam mengambil keputusan.

Selain hal-hal di atas, beberapa manfaat mindfulness adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Dewasa ini, sebagian besar psikoterapis memanfaatkan terapi mindfulness sebagai pengobatan terhadap beberapa masalah mental.

Manfaat mindfulness disebut-sebut dapat mengatasi masalah seperti depresi, kecanduan, gangguan kecemasan, konflik antarpersonal, hingga penyalahgunaan zat.

Latihan ini juga akan membantu Anda lebih sadar terhadap pikiran dan perasaan yang sedang dirasakan sehingga dapat mengontrolnya.

Kesadaran terhadap pikiran dan perasaan membuat adanya rasa under control sehingga dapat menurunkan risiko cemas dan stres.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk mental saja, terapi mindfulness adalah teknik yang juga memberikan dampak baik bagi tubuh secara fisik.

Menerapkan mindfulness diduga mampu mengobati penyakit jantung, meringankan nyeri kronis, menurunkan tekanan darah, mengurangi gangguan pencernaan, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Hal ini karena mindfulness dapat menurunkan hormon stres dan rasa cemas yang juga bermanfaat bagi sistem saraf, kardiovaskular, hingga pencernaan.

3. Lebih Menikmati Hidup

Terlalu fokus memikirkan masa lalu atau hal-hal negatif akan membuat Anda kehilangan banyak energi bahkan memicu stres.

Nah, mindfulness adalah latihan yang akan membantu Anda menjalani hidup dengan pikiran terbuka, lapang dada, serta dorongan untuk melakukan yang terbaik di masa sekarang.***