Ciri-ciri Orang Introvert, Kelebihan, dan Kekurangannya

Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya
Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya

Healmind – SImak ciri-ciri orang introvert, kelebihan, dan kekurangannya, di sini.

DIlansir dari laman resmi RS Siloam, Introvertadalah salah satu jenis kepribadian yang lebih senang meluangkan waktu sendiri untuk mengumpulkan energinya, merasa lebih nyaman berfokus pada pemikiran dan batin mereka sendiri, dan menikmati menghabiskan waktu dengan satu atau dua orang saja.

Kepribadian ini sering dianggap sebagai gangguan mental yang membuat seseorang menjadi lebih tertutup dan takut untuk bersosialisasi. Namun, benarkah demikian? Mari temukan jawabannya dengan menyimak artikel berikut ini.

Apa itu Introvert?

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa introvert adalah jenis kepribadian yang lebih berfokus dan nyaman pada pikiran dan perasaan diri sendiri. Introvert adalah kepribadian yang sering kali disalahartikan sebagai pemalu dan suka menyendiri. Perlu diluruskan, pemalu atau suka menyediri dan introvert adalah dua hal yang berbeda.

Pemalu digolongkan sebagai salah satu jenis gangguan kecemasan yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan khawatir saat bersosialisasi atau berada di situasi sosial tertentu. Namun, individu dengan kepribadian introvert tidak demikian. Mereka memang lebih suka menyendiri, namun mereka tidak masalah jika harus berada di dalam lingkungan sosial.

Penyebab Introvert

Pada dasarnya, introvert adalah jenis kepribadian yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor keturunan atau genetik.
  • Pola asuh orang tua
  • Pengaruh lingkungan sosial di sekitar.
  • Trauma masa kecil.
  • Memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan sebelumnya.

Ciri-Ciri Orang Introvert

Terdapat sejumlah ciri-ciri orang introvert yang umum ditemui, di antaranya adalah lebih senang menghabiskan waktu sendiri, mudah terdistraksi, hingga suka melakukan observasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Lebih Senang Menghabiskan Waktu Sendiri

Energi seorang introvert cenderung lebih mudah terkuras saat mereka sedang menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan banyak orang. Karena itulah, orang dengan kepribadian introvert biasanya akan menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri setelah bertemu dengan orang lain guna mengembalikan energinya.

2. Mudah Terdistraksi

Salah satu ciri-ciri orang introvert adalah lebih mudah terdistraksi. Inilah mengapa seorang dengan kepribadian introvert sering merasa kewalahan saat bertemu dengan banyak orang. Jika mereka perlu  memusatkan fokus dan berkonsentrasi, maka mereka akan lebih memilih untuk berada di tempat yang sepi dan tenang.

3. Memiliki Teman Lebih Sedikit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, introvert adalah jenis kepribadian di mana seseorang lebih senang memiliki teman lebih sedikit namun berkualitas. Pasalnya, seorang introvert merasa lebih nyaman untuk berbincang secara empat mata dengan orang-orang terdekat daripada berbicara dengan sekelompok orang.

4. Lebih Senang Mengobservasi

Ciri-ciri orang introvert berikutnya adalah mereka cenderung lebih suka melakukan observasi terlebih dahulu. Artinya, orang dengan kepribadian introvert akan mempelajari segala hal sebelum dipraktikkan secara langsung.

Hal ini dikarenakan seorang introvert akan lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang berfungsi untuk merencanakan, mengingat, dan memikirkan cara menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, orang introvert juga lebih senang untuk menyelami gagasan dan pikiran yang berada di dalam benak mereka sendiri dan mereka tidak menyukai kerja kelompok.

Cara Mengetahui Kepribadian Introvert

Pada dasarnya, terdapat beberapa tes kepribadian yang bisa digunakan untuk menilai tipe kepribadian yang lebih mendominasi pada seseorang, di antaranya adalah:

  • Keirsey Temperament Sorter.
  • Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).
  • Personality Style Indicator.
  • Five Factor Model Personality Inventory.

Di samping tes-tes kepribadian tersebut, para ahli lebih percaya bahwa observasi secara langsung pada masing-masing individu merupakan cara yang lebih efektif untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Sebab, elemen kepribadian ini akan sangat bergantung pada situasi lingkungan hingga tingkat stres dari setiap individu. Selain itu, tes kepribadian di atas cenderung tidak mempertimbangkan faktor-faktor lainnya yang bisa memengaruhi tingkat akurasi dari hasil penilaian.

Kelebihan dan Kekurangan Introvert

Perlu diketahui bahwa setiap tipe kepribadian akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun sejumlah kelebihan serta kekurangan dari kepribadian introvert adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Lebih perhatian. Individu dengan kepribadian introvert dapat menjadi seorang pendengar yang baik.
  • Keterampilan observasi yang kuat karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk memahami dan mengamati lingkungan di sekitar.
  • Cenderung tidak bersifat impulsif. Misalnya, seorang introvert lebih sering berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara untuk menghindari ucapan yang dapat menyakitkan orang lain.

Kekurangan

  • Sering merasa canggung saat berada di dalam lingkungan sosial.
  • Sulit mengelola emosi di dalam diri. Individu dengan kepribadian introvert lebih sering memendam perasaan negatif untuk dirinya sendiri. Jika dibiarkan kondisi ini bisa memicu stres hingga depresi.
  • Sering dianggap tidak ramah, sombong, cuek, dan pemalu oleh orang lain. Bahkan, tak jarang pula orang lain berusaha untuk memperbaiki diri seorang introvert agar menjadi lebih terbuka.

Itulah ciri-ciri orang introvert, kelebihan, dan kekurangannya.***