Catat! Ini Faktor-faktor yang Mempengaruhi Psikologi Anak

Pengertian Terapi Snoezelen dan Manfaatnya untuk Gerakan Motorik Anak
Pengertian Terapi Snoezelen dan Manfaatnya untuk Gerakan Motorik Anak

Healmind – Simak faktor-faktor yang memperngaruhi psikologi anak, di sini.

Psikologi anak adalah ilmu pengetahuan yang mencakup pertumbuhan pada seseorang, mulai dari lahir hingga remaja. Ilmu ini dapat menjelaskan perubahan penting pada tahapan-tahapan pertumbuhan anak hingga remaja.

Secara umum, ilmu ini cenderung memetakan ke fisik, kognitif, perkembangan sosial, hingga perkembangan emosional pada anak-anak. Hal ini juga mencakup cara anak untuk belajar, berpikir, berinteraksi, dan mengatur emosinya.

Faktor yang Mempengaruhi Psikologi Anak

Kebanyakan orang berpikir jika faktor internal yang paling memengaruhi anak untuk tumbuh, seperti genetika dan karakteristik pribadinya. Meski begitu, faktor lingkungan juga berperan besar terhadap hal tersebut, seperti:

– Faktor Budaya

Budaya dapat memengaruhi nilai, kebiasaan, asumsi bersama, dan bahkan cara hidup seseorang. Hal ini juga berhubungan dengan jenis pendidikan dan pengasuhan yang didapat.

– Faktor Sosial

Hubungan pertemanan dan orang-orang dewasa di sekitarnya dapat memengaruhi cara berpikir, belajar, dan berkembang pada anak. Hal ini juga termasuk pergaulannya di sekolah.

– Faktor Sosial Ekonomi

Kelas sosial juga dapat memengaruhi psikologi dan perkembangan anak. Sebab, masalah ini dapat memengaruhi tingkat pendidikan seseorang, uang yang dimiliki, tempat tinggal, dan banyak lagi.

Tahapan Perkembangan Psikologi Anak

Perkembangan psikologi pada anak terbagi menjadi berbagai fase, yaitu:

1. Anak Usia Dini

Periode ini terjadi sejak masa bayi hingga masa anak-anak awal. Perkembangan psikologi anak terjadi secara luar biasa, termasuk pada fisik, kognitif, dan emosionalnya. Psikolog dapat membantu anak-anak untuk mencapai potensi penuh dirinya.

2. Masa Anak-Anak Tahap Menengah

Periode perkembangan ini ditandai dengan pematangan fisik dan peningkatan pengaruh sosial dari lingkungannya. Si Kecil mulai bersahabat, mendapatkan kompetensi, hingga mengetahui keunikan dirinya. Bantuan dari psikolog dapat membantu dalam mengatasi masalah terkait sosial, emosional, dan mental.

3. Masa Remaja

Pada masa ini, anak-anak mengalami gejolak psikologis dan transisi pada pertumbuhan dirinya. Anak kerap menguji batas dan mengeksplorasi identitas baru tentang diri sendiri dan ingin menjadi siapa. Dukungan dari psikolog dapat membuatnya mampu melewati masa pubertas, lonjakan emosi, dan tekanan sosial.

Gangguan Psikologis yang Bisa Dialami Anak

Ada berbagai macam jenis gangguan psikologis pada anak, antara lain:

  • Gangguan perkembangan pervasif.
  • Gangguan retardasi mental.
  • Gangguan belajar.
  • Gangguan komunikasi.
  • Gangguan pemusatan perhatian dan perilaku bermasalah.
  • Kecemasan dan depresi.
  • Gangguan bipolar
  • Gangguan proses auditori
  • Gangguan eliminasi.