Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Bahaya Stres untuk Pertumbuhan Janin
Bahaya Stres untuk Pertumbuhan Janin

Healmind – Simak 6 cara menjaga kesehatan ibu hamil, di sini.

Gangguan mental pada ibu hamil tidak hanya memengaruhi kesehatan selama masa kehamilan, namun juga bisa berdampak pada kondisi pasca melahirkan.

Karena itu, menjaga kesehatan mental selama masa kehamilan merupakan hal yang perlu untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil guna menghindari stres dan depresi jangka panjang.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Kesehatan mental ibu hamil dapat dijaga melalui beberapa cara, seperti istirahat yang cukup, rutin olahraga, mengonsumsi makanan sehat, hingga membuat jurnal harian.

Berikut masing-masing penjelasannya, dilansir dari laman resmi RS Siloam:

1. Istirahat yang Cukup

Mencukupi waktu istirahat merupakan hal yang perlu dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mental pada ibu hamil. Pasalnya, kurang tidur berisiko menyebabkan tubuh mudah lelah yang dapat meningkatkan risiko stres.

Kurangnya tidur pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh perubahan fisik tubuh yang membuat tidur terasa tidak nyaman. Hal ini pun dapat diatasi dengan memperhatikan posisi tidur yang tepat bagi ibu hamil seperti memiringkan tubuh ke kiri. Dengan begitu, ibu bisa memperoleh waktu tidur yang berkualitas.

Anda juga dapat membuat tubuh lebih rileks dengan mengatur teknik bernapas serta melakukan peregangan sebelum tidur.

2. Rutin Olahraga Ringan

Rutin berolahraga juga termasuk tips menjaga kesehatan mental ibu hamil berikutnya. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang mengatur suasana hati. Alhasil, peningkatan hormon tersebut dapat memicu perasaan bahagia serta mencegah terjadinya stres saat hamil.

Untuk melakukannya, pilihlah jenis olahraga dan kegiatan fisik yang aman bagi ibu hamil, seperti berenang, senam hamil, yoga, atau jalan kaki.

3. Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Agar kesehatan mental tetap terjaga, penting bagi ibu hamil untuk selalu mencukupi asupan nutrisi hariannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat serta bergizi seimbang. Sejumlah jenis makanan sehat dengan gizi seimbang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya ikan laut, buah-buahan, sayuran, hingga produk olahan susu.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama masa kehamilan dengan minum air putih kurang lebih dua liter per hari. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko dehidrasi yang dapat mengganggu suasana hati.

4. Bangun Kedekatan dengan Janin

Membangun kedekatan dengan janin juga perlu untuk dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mental ibu hamil. Cobalah untuk berinteraksi dengan janin terutama ketika kehamilan memasuki trimester kedua.

Selain baik untuk perkembangan janin, hal ini juga dapat membangun energi dan pikiran positif bagi ibu hamil serta mencegah terjadinya baby blues syndrome pasca melahirkan.

5. Beri Apresiasi untuk Diri Sendiri

Memperhatikan kebahagiaan diri sendiri adalah hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental ibu selama masa kehamilan. Anda bisa memberikan apresiasi dengan meluangkan waktu dan menyenangkan diri sendiri, seperti menonton film favorit, membaca buku, atau pergi berlibur.

6. Buat Jurnal Harian

Membuat jurnal harian dapat dilakukan oleh ibu hamil sebagai upaya menjaga kesehatan mental. Tuliskanlah hal-hal yang turut memicu perasaan bahagia, sedih, khawatir dan marah di dalam jurnal tersebut. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat lebih mengenal kebutuhan dan keinginan diri sendiri.

Itulah 6 cara menjaga kesehatan ibu hamil.***