Cara Mengontrol Kesehatan Emosional Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Cara Mengelola Marah atau Anger Manajemen
Cara Mengelola Marah atau Anger Manajemen

Healmind – Simak beberapa cara mengontrol kesehatan emosional agar kesehatan mental juga semakin baik, di sini.

Mereka mampu mengatasi tantangan hidup. Mereka dapat menjaga masalah tetap dalam perspektifnya dan bangkit kembali dari kemunduran. Mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan memiliki hubungan yang baik.

Pengertian Kesehatan Emosional

Dilansir dari Very Well Mind, kesehatan emosional diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menangani emosi.

Sementara itu, The National Center For Emotional Wellness mendefinisikan kesehatan emosional sebagai kesadaran, pemahaman dan penerimaan perasaan, serta kemampuan untuk mengelola emosi secara efektif melalui tantangan maupun perubahan

Dilansir dari familydoctor.org, menjadi sehat secara emosional tidak berarti Anda bahagia sepanjang waktu. Itu berarti Anda sadar akan emosi Anda. Anda dapat menghadapinya, apakah itu positif atau negatif.

Orang yang sehat secara emosional masih merasakan stres, kemarahan, dan kesedihan, namun mereka tahu cara mengelola perasaan negatifnya. Mereka dapat mengetahui ketika suatu masalah lebih besar daripada yang dapat mereka tangani sendiri.

Cara meningkatkan kesehatan emosional

Ada banyak cara untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan emosional yang baik:

  • Waspadai emosi dan reaksi Anda. Perhatikan apa dalam hidup Anda yang membuat Anda sedih, frustrasi, atau marah. Cobalah untuk mengatasi atau mengubah hal-hal tersebut.
  • Ekspresikan perasaan Anda dengan cara yang tepat. Beri tahu orang-orang terdekat Anda jika ada sesuatu yang mengganggu Anda. Menyimpan perasaan sedih atau marah di dalam diri akan menambah stres. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam hubungan Anda di rumah, tempat kerja, atau sekolah.
  • Berpikirlah sebelum bertindak. Beri diri Anda waktu untuk berpikir dan bersikap tenang sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin Anda sesali.
  • Kelola stres. Pelajari metode untuk mengatasi stres. Ini bisa termasuk pernapasan dalam, meditasi, dan olahraga.
  • Upayakan keseimbangan. Temukan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bermain, serta antara aktivitas dan istirahat. Luangkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. Fokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda.
  • Jaga kesehatan fisik Anda. Berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan tidur yang cukup. Jangan menyalahgunakan narkoba atau alkohol. Usahakan agar kesehatan fisik Anda tidak memengaruhi kesehatan emosional Anda.
  • Terhubung dengan orang lain. Buatlah kencan makan siang, bergabunglah dengan grup baru, atau sapa orang asing. Kita membutuhkan hubungan positif dengan orang lain.
  • Temukan tujuan dan maknanya. Cari tahu apa yang penting bagi Anda dalam hidup, dan fokuslah pada hal itu. Ini bisa berupa pekerjaan Anda, keluarga atau teman Anda, kegiatan sukarela, pengasuhan, atau hal lainnya. Luangkan waktu untuk melakukan apa yang terasa berarti bagi Anda.
  • Tetap positif. Fokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda. Maafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan dan maafkan orang lain. Habiskan waktu bersama orang-orang yang sehat dan positif.

Orang yang memiliki kesehatan emosional yang baik masih bisa mengalami masalah. Penyakit mental seringkali disebabkan oleh emosi dan fisik. Mungkin ada ketidakseimbangan kimiawi di otak Anda.

Stres dan masalah dengan keluarga, pekerjaan, atau sekolah dapat memicu atau memperburuk penyakit mental.

Konseling, kelompok pendukung, dan obat-obatan dapat membantu orang yang memiliki masalah emosional atau penyakit mental.

 Jika Anda terus mengalami masalah emosional, segera bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda menemukan jenis pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa cara mengontrol kesehatan emosional agar kesehatan mental juga semakin baik.***