Cara Mengatasi Takut Berlebihan terhadap Sesuatu agar Tidak Stres

Penyebab dan Cara Mengatasi ADHD untuk Anak-anak
Penyebab dan Cara Mengatasi ADHD untuk Anak-anak

Healmind – Simak cara mengatasi takut berlebihan terhadap sesuatu agar tidak stres, di sini.

Dilansir dari Nhsinform.scot, menghilangkan rasa takut berlebihan perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan yang mengganggu aktivitas.

Perasaan takut terkadang muncul saat kita sendiri sehingga tidak fokus menjalani aktivitas yang tengah dikerjakan.

Berikut 7 cara menghilangkan rasa takut yang kami lansir dari Nhsinform.scot:

1. Meluangkan Waktu

Rasa takut berlebihan bisa menghalangi Anda untuk berpikir jernih. Jika kondisi ini terjadi, hal pertama yang perlu dilakukan ialah meluangkan waktu agar bisa menenangkan fisik. Coba alihkan perhatian dari rasa khawatir selama 15 menit, bisa berjalan di sekitar blok, membuat teh atau mandi.

2. Bernapas Melalui Kepanikan

Cara menghilangkan rasa takut berikutnya dengan bernapas melalui kepanikan. Biasanya Anda akan mulai merasakan jantung berdetak lebih cepat atau telapak tangan berkeringat. Jangan melawannya, tetaplah berada di tempat, rasakan kepanikan tanpa mengalihkan perhatian dan letakan tangan di atas perut lalu mulailah bernapas secara perlahan.

3. Hadapi Rasa Takut
Menghindari rasa takut hanya akan membuat hal tersebut lebih menakutkan. Apa pun ketakutannya, lebih baik dihadapi agar rasa takut itu memudar. Misalnya jika Anda merasakan kepanikan ketika naik lift, bisa kembali naik lift keesokan harinya.

4. Bayangkan Tempat yang Menyenangkan

Menghindari rasa takut berikutnya bisa dengan membayangkan tempat yang menyenangkan seperti aman dan tenang. Cara ini bisa berupa berjalan di pantai yang indah, tidur di sebelah kucing peliharaan atau membayangkan kenangan indah masa kecil. Biarkan perasaan positif menenangkan hingga Anda merasa lebih rileks.

5. Hadiahi Diri Sendiri

Setiap kali melakukan panggilan yang ditakuti, coba hadiahi diri sendiri. Misalnya memperkuat kesuksesan dengan memanjakan diri seperti pijatan, jalan-jalan, makan di luar, membeli buku, DVD atau hadiah kecil yang bisa membuat Anda bahagia.

6. Jangan Berusaha Menjadi Sempurna

Hidup penuh tekanan namun banyak di antara kita yang merasa hidup harus sempurna. Hari-hari buruk dan kemunduran akan selalu terjadi sehingga penting untuk selalu diingat bahwa tidak ada yang selalu sempurna.

7 . Melihat Buktinya

Melihat buktinya terkadang membantu kita untuk menantang pikiran yang menakutkan. Misalnya jika Anda terjebak di dalam lift dan mati lemas, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah hal tersebut perrnah terjadi pada seseorang? Kemudian tanyakan pada diri sendiri apa yang akan Anda katakan kepada teman yang memiliki rasa ketakutan serupa.

Itulah cara mengatasi takut berlebihan terhadap sesuatu agar tidak stres.***