Cara Mengatasi Stres Akibat Masalah Keuangan

Mengenal Delirium, Perubahan Kondisi Mental Mendadak: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi
Mengenal Delirium, Perubahan Kondisi Mental Mendadak: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Healmind – SImak beberapa  cara mengatasi stres akibat masalah keuangan, di sini.

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang stres karena masalah finansial. Menurut survey oleh Fidelity, yang paling banyak terdampak adalah perempuan yakni sebanyak 70% wanita stres terkait tabungan dan investasi mereka.

Penelitian tersebut cukup membuktikan bahwa masalah finansial benar-benar dapat mengakibatkan stres.

Melansir dari Kemenkes stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Dampak dari stres ini sendiri tidak hanya ke mental tetapi juga ke kondisi fisik kamu. Oleh sebab itu, stres perlu diatasi.

Berkaitan dengan penelitian sebelumnya yakni tentang stres karena masalah keuangan, berikut tips untuk mengatasi stresn, dikutip dari laman resmi Bank Mandiri:

Menerima Kenyataan dengan Lapang Dada

Saat kamu merasakan stres akibat masalah keuangan, usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Mengendalikan diri penting untuk berpikir mencari jalan keluar. Tidak apa-apa menangis untuk melampiaskan kesedihan namun jangan terlalu lama.

Hindari bereaksi berlebihan agar tidak semakin cemas dan memperparah stres.

Membuat Rencana Keuangan Lainnya

Kemudian, identifikasi apa masalah keuangan yang kamu alami. Misalnya, hal yang paling sering dialami sekarang ini adalah terkena dampak PHK. Yang pertama, cek kecukupan dana darurat kamu.

Pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu beberapa bulan ke depan sembari kamu mencari pekerjaan baru.

Bagaimana jika dana darurat tidak cukup? Kamu dapat menjual benda-benda tidak terpakai di rumah. Selain itu, kamu juga dapat merintis usaha kecil-kecilan agar uang kamu dapat kembali dan mendapatkan untung.

Meminta Bantuan Teman

Kamu dapat mengandalkan teman untuk mendengarkan ceritamu, dan meminta tolong informasi jika terdapat lowongan pekerjaan ataupun solusi untuk masalah keuanganmu. Pastinya pilih teman yang dapat kamu percaya ya. Melansir dari artikel klik dokter, bercerita dapat mengurangi depresi akibat stres lho.

Konsultasi dengan Ahli

Selain cara-cara sebelumnya, kamu juga dapat berkonsultasi pada layanan konseling dan financial planner. Solusi mereka tentu sesuai dengan permasalahan kamu karena mereka adalah ahlinya. Dan percayalah jika semuanya bisa terlewati dan akan baik-baik saja nanti.

Itulah beberapa  cara mengatasi stres akibat masalah keuangan.***