Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan
Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Healmind – Simak cara mengatasi rasa cemas berlebihan, di sini.

Dalam banyak kasus, cemas berlebihan dapat mengakibatkan kerja organ tubuh seperti lambung, paru, dan jantung menjadi tidak normal.

Sering kali penderita dengan kecemasan yang tinggi merasa seolah-olah akan meninggal karena dada sesak atau perut sakit, atau jantung yang berdebar lebih cepat dari biasanya yang bisa menyebabkan lemas.

Namun kenyataannya, hasil laboratorium atau pemeriksaan penunjang menyatakan semua organ berfungsi baik. Kondisi ini dikenal dengan serangan panik.

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Dikutip dari laman resmi RS Siloam, berikut beberapa upaya pencegahan yang juga dapat dilakukan:

1. Menulis Jurnal

Menulis jurnal berupa catatan pribadi untuk membantu mengidentifikasi pemicu stres, bagaimana perkembangan dalam merespons dan menghadapinya, apakah mengalami kegagalan atau keberhasilan. Dengan cara ini, kita bisa menemukan langkah tepat untuk mengatasi stres.

2. Mencari Dukungan

Dengan menceritakan apa yang dirasakan kepada orang yang tepat untuk meringankan kecemasan.

3. Melakukan Relaksasi

Lakukan relaksasi dengan aktivitas santai seperti meditasi, relaksasi otot, duduk di alam, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

4. Membuat Prioritas

Membuat prioritas dalam pengelolaan aktivitas serta waktu dan energi dengan cermat untuk mengurangi kecemasan.

5. Melakukan Olahraga

Lakukan pengalihan pikiran dengan aktivitas yang konstruktif dan menyenangkan, seperti melakukan olahraga yoga untuk meredakan stres atau kecemasan.

6. Menanamkan Pikiran Positif

Tanamkan dalam pikiran bahwa kecemasan yang timbul terkait pikiran atas sesuatu yang belum tentu terjadi. Hal tersebut mungkin saja tidak terjadi atau memang selama ini tidak ada yang terjadi. Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya

7. Menghindari Zat Berbahaya

Hindari konsumsi zat berbahaya seperti alkohol dan narkoba karena dapat memperburuk kecemasan. Demikian juga dengan asupan nikotin dan kafein berlebihan. Mengonsumsi secara berlebihan dapat membuat kecanduan dan sulit berhenti. Jika sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut, segera temui dokter untuk mencari solusi terbaik.