Cara Mengatasi Lansia Sulit Makan

Daftar Makanan untuk Mengatasi Stres
Daftar Makanan untuk Mengatasi Stres

Healmind – Simak info soal cara mengatasi lansia yang sulit makan, di sini.

Tips Mengatasi Lansia Sulit Makan

Dikutip dari Primaya Hospital, berbagai masalah kesehatan pada lansia seperti menurunnya metabolisme, gangguan menelan, lebih sensitif pada aroma makanan, serta efek samping obat-obatan dapat menyebabkan nafsu makan menurun.

Mengatasi orang tua tidak mau makan tentu perlu pendekatan tersendiri. Anda tidak bisa memaksa. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar lansia mau makan:

1. Buat Jadwal Makan dan Camilan

Buatlah jadwal harian untuk makan, hidangkan makan besar pada waktu yang sama setiap harinya. Siapkan juga jadwal memberikan camilan untuk lansia. Cara ini dilakukan untuk membiasakan tubuh lansia makan pada jam-jam tertentu.

Anda tidak bisa selalu menunggu orang tua merasa lapar, karena selera makan lansia umumnya berkurang drastis hingga mereka mengabaikan keinginan makan. Maka sebaiknya hidangkan dan tawarkan makanan lebih dulu.

2. Berikan Porsi Kecil

Beberapa lansia merasa kurang nyaman ketika menyadari seberapa banyak porsi makanan yang diberikan. Mereka mungkin merasa takut tidak bisa menghabiskan, lalu menjadi ragu untuk mulai makan.

Disarankan untuk mengatasi orang tua tidak mau makan dengan cara memberikan porsi lebih sedikit. Anda bisa menggunakan piring kue yang berukuran lebih kecil. Namun berikanlah makanan tinggi nutrisi, misalnya dengan menambahkan alpukat, minyak zaitun, atau keju lembut.

3. Kurangi Penggunaan Alat Makan

Berkurangnya kemampuan menggenggam bisa menyebabkan lansia sulit menggunakan alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, atau pisau. Kendala ini lantas dapat memicu rasa frustrasi tiap hendak makan, kemudian membuat lansia tidak mau menyantap porsi makannya.

Maka Anda bisa membantu orang tua makan lebih mudah dengan menghidangkan masakan yang tidak perlu dimakan dengan alat makan. Misalnya nugget, fish stick, potongan timun, atau sayuran rebus yang mudah digenggam.

4. Selalu Siapkan Makanan Kecil

Kadang orang tua lebih suka makan makanan kecil sepanjang hari dibandingkan menghabiskan satu porsi makan besar. Anda harus memahami preferensi ini, selama lansia tetap mau makan.

Baca Juga:  Ketika Anak Susah Makan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Agar kebutuhan gizi orang tua tetap terpenuhi, siapkan snack lezat tinggi nutrisi. Misalnya buah-buahan, biskuit dan selai kacang, keju batang ukuran sekali makan, serta siapkan susu.

5. Smoothies, Jus, dan Milkshake

Jika lansia tidak memiliki masalah dalam menelan (disfagia), Anda bisa menyiasati selera makan orang tua dengan memberikan minuman bergizi dan sehat. Smoothies yang terbuat dari buah-buahan dan yoghurt bisa menjadi pilihan. Selain bernutrisi, minuman ini juga mengenyangkan. Selain smoothies bisa juga memberikan jus buah dan sayuran, atau milkshake.

6. Selalu Pantau Respons Lansia

Perhatikan dan catat jenis makanan apa saja yang disukai, makanan yang dihindari, dan jenis-jenis makanan yang tampak sulit dikonsumsi oleh orang tua. Selain itu perhatikan pula kapan lansia tampak lebih bersemangat untuk makan.

Tidak semua cara mengatasi orang tua tidak mau makan pasti berhasil, maka sebaiknya Anda selalu mencoba hal-hal baru.***