Cara Mengatasi Gangguan Kepribadian Ganda

Pengertian Terapi Bicara dan Kegunaannya
Pengertian Terapi Bicara dan Kegunaannya

Healmind – Gangguan kepribadian ganda adalah kondisi psikologis di mana seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian. Dalam bahasa Inggris, istilah tersebut dikenal dengan Dissociative Identity Disorder (DID) atau Multiple Personality Disorder.

Informasi seputar kondisi psikologis ini dapat membuka wawasan dan membuat Anda lebih sadar akan isu kesehatan mental.

Cara Mengatasi Gangguan Kepribadian Ganda

DIlansir dari laman resmi RS Siloam, perlu diketahui bahwa tidak ada cara untuk mengobati DID sepenuhnya. Pengobatan gangguan kepribadian ganda umumnya hanya ditujukan untuk meredakan gejala-gejala yang dialami penderita, seperti depresi dan rasa cemas berlebih.

Adapun beberapa terapi yang dapat disarankan oleh dokter untuk dijalani oleh penderita DID adalah psikoterapi, terapi perorangan, terapi keluarga, dan terapi grup. Terapi-terapi tersebut dapat membantu penderita untuk:

  • Mengidentifikasi dan mengatasi trauma kekerasan di masa lalu.

  • Mengantisipasi perubahan tingkah laku yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

  • Menggabungkan identitas-identitas yang terpisah menjadi satu.

Selain menyarankan penderita untuk menjalani terapi-terapi di atas, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan, seperti obat antidepresan, antipsikotik, atau penenang untuk mengatasi gejala-gejala DID.

Penderita pun disarankan untuk menghindari stres guna mengurangi frekuensi identitas alter mengambil alih tubuh dan mengontrol tingkah laku. Adanya support system yang kuat dari keluarga dan teman dekat juga bisa memberi dampak positif terhadap kualitas hidup penderita DID.

Sementara itu, sebagai bentuk pencegahan, setiap orang tua diimbau untuk tidak melakukan kekerasan mental dan fisik terhadap anak-anak guna mencegah terjadinya pengalaman traumatis yang bisa memicu gangguan kepribadian ganda.***