Cara Mengatasi Conduct Disorder, Kondisi Emosi Anak yang Agresif dan Kasar

Apa itu Disleksia, Jenis-jenis, dan Tanda-tanda Anak Mengalami Disleksia
Apa itu Disleksia, Jenis-jenis, dan Tanda-tanda Anak Mengalami Disleksia

Healmind – Simak cara mengatasi Conduct Disorder, kondisi emosi anak yang sering agresif, tidak mau mengikuti aturan, dan kasar, di sini.

Conduct disorder adalah gangguan emosi dan perilaku yang menyebabkan anak berkelakuan agresif, tidak mau mengikuti aturan, dan kasar.

Kondisi ini dapat terjadi dalam kurun waktu yang lama, berulang, hingga bisa mengganggu kehidupan sehari-hari anak ataupun keluarga.

Cara Mengatasi Conduct Disorder

Apabila tidak segera ditangani dengan tepat, conduct disorder berisiko menimbulkan gangguan mental lainnya, seperti gangguan kepribadian antisosial, gangguan kecemasan, atau gangguan suasana hati.

Selain itu, kondisi ini juga bisa berdampak pada penurunan prestasi di sekolah, penyalahgunaan NAPZA, hingga terlibat masalah hukum.

Sebagai upaya menghindari kondisi tersebut, sejumlah metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi conduct disorder adalah sebagai berikut:

1. Psikoterapi

Psikoterapi adalah pendekatan individu yang bertujuan untuk membantu anak belajar mengekspresikan serta mengendalikan emosi dengan baik.

Melalui terapi ini, psikolog dapat melatih anak untuk mempelajari keterampilan baru, seperti mengontrol impuls, meredam amarah, serta kemampuan memecahkan masalah.

2. Terapi Keluarga

Melalui terapi ini, orang tua serta anggota keluarga lainnya diarahkan untuk menghadiri terapi bersama anak. Tujuan dari terapi keluarga adalah untuk meningkatkan hubungan dan interaksi antara anak dengan keluarga.

3. Terapi Grup

Terapi grup adalah pendekatan yang melibatkan sekelompok individu, seperti di sekolah atau lingkungan rumah, untuk membantu mengurangi perilaku yang mengganggu. Terapi dengan teman sebaya dapat membuat anak atau remaja mengembangkan keterampilan dan perilaku interpersonal yang menumbuhkan empati.

4. Konsumsi Obat-obatan

Pada beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengendalikan gejala serta menangani gangguan mental yang mendasari conduct disorder pada anak.

Itulah cara mengatasi Conduct Disorder, kondisi emosi anak yang sering agresif, tidak mau mengikuti aturan, dan kasar.***