Cara Mencegah dan Mengobati Gangguan Kesehatan Mental

Mengenal Gangguan Makan Anoreksia Nervosa, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Mengenal Gangguan Makan Anoreksia Nervosa, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Healmind – simak cara mencegah dan mengobati gangguan kesehatan mental, di sini.

Dikutip dari laman resmi RS Siloam, terdapat sejumlah metode pengobatan yang dapat direkomendasikan dokter untuk membantu pasien dalam mengelola atau mengatasi kondisi gangguan kesehatan mental mereka.

Metode yang digunakan dipilih berdasarkan kondisi kesehatan mental dari masing-masing pasien. Beberapa pengobatan tersebut adalah:

1. Konsumsi Obat-obatan

Pemberian obat-obatan harus sesuai dengan resep dokter dan bertujuan untuk mengatasi gejala gangguan mental akibat adanya kelainan senyawa kimia pada otak. Biasanya, dokter juga akan meminta pasien untuk menjalani psikoterapi agar hasil pengobatan lebih efektif dan optimal.

Jenis obat-obatan yang umumnya diresepkan dokter adalah obat-obatan golongan antidepresan trisiklik, selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), dan serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor (SNRIs).

2. Psikoterapi

Melalui psikoterapi, pasien dapat menyampaikan perasaan serta pikirannya dan dokter akan memberikan saran yang sesuai. Biasanya, dokter akan membimbing pasien dalam mengontrol perasaan dan mengelola emosi serta perilakunya.

Contoh psikoterapi yang sering digunakan untuk menangani gangguan kesehatan mental adalah exposure therapy, dialectical behavior therapy, dan cognitive behavioral therapy.

3. Supporting Group

Pasien dengan gangguan kesehatan mental biasanya juga disarankan untuk bergabung ke dalam supporting group atau kelompok dukungan. Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang juga menderita gangguan mental atau individu yang sudah sembuh dari penyakitnya. Melalui kegiatan ini, mereka diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dan saran sehingga proses pemulihan pun dapat berjalan secara optimal.

4. Stimulasi pada Otak

Stimulasi pada otak terdiri dari beberapa jenis, yaitu stimulasi magnetik transkranial, stimulasi saraf vagus, elektrokonvulsif, dan stimulasi otak dalam. Metode terapi ini dinilai efektif untuk membantu pasien dalam mengatasi masalah gangguan mental yang dialaminya.

5. Rehabilitasi

Metode rehabilitasi biasanya diberikan pada pasien yang mengalami masalah mental health akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Cara ini bertujuan untuk menghentikan ketergantungan pasien terhadap obat-obatan tersebut.

6. Perawatan di Rumah Sakit

Apabila dibutuhkan pengawasan ketat dari tenaga medis, pasien dapat disarankan untuk menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Biasanya hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi gawat darurat, seperti percobaan bunuh diri.

7. Perawatan Mandiri

Tidak hanya melalui bantuan medis atau terapi, pasien dengan masalah mental health juga dapat menjalani perawatan secara mandiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengelola stres dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara menjaga kesehatan mental sebetulnya tak jauh berbeda dengan cara-cara yang diterapkan untuk menjaga kesehatan fisik, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Berpikir dan memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri.
  • Mengelola stres dengan baik.
  • Rutin berolahraga.
  • Menjaga hubungan baik dengan orang lain.
  • Tidur dan istirahat cukup.
  • Saling membantu dan memahami kondisi orang lain.
  • Mencari bantuan tenaga medis profesional jika dibutuhkan.

Itulah cara mencegah dan mengobati gangguan kesehatan mental.***