Cara Melakukan Self Care untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jenis-jenis Trauma Healing, Metode, dan Manfaatnya
Jenis-jenis Trauma Healing, Metode, dan Manfaatnya

Healmind – Simak beberapa cara melakukan self care untuk menjaga kesehatan jiwa, di sini.

Perawatan diri adalah komponen penting untuk mencegah kelelahan dan gangguan kesehatan. Kurangnya perawatan diri dapat menyebabkan kelelahan dan keluhan terkait stres.

Melakukan perawatan diri setiap hari berfungsi untuk melindungi energi yang kita butuhkan untuk bertahan hidup dan berkembang. Perawatan diri sangat membantu dalam mengelola stres dan menjalani kehidupan yang lebih baik (Baratta, 2018).

Apa itu Perawatan Diri atau Self Care?

Dilansir dari laman resmi RSJ Aceh, Self care atau perawatan diri adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk diri sendiri sehingga bisa terasa menyehatkan, bisa membuat relaks dan menenangkan.

Perawatan diri juga berarti merawat diri sendiri sehingga menjadi lebih sehat, lebih baik, dapat melakukan pekerjaan rutin, dapat membantu dan merawat orang lain, dan dapat melakukan semua hal yang diinginkan sepanjang hari (Lawler, 2021).

Cara Melakukan Self Care untuk Menjaga Kesehatan Mental

Perawatan diri tidak berarti melakukan hal yang sama untuk semua orang. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam melakukan praktik perawatan diri, bahkan perawatan diri yang biasa kita lakukan pun mungkin berubah seiring waktu.

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan diri (Baratta, 2018; Coons, 2020; Lawler, 2021; Pratt, 2021), yaitu:

  • Beristirahat jika sudah merasa lelah baik di tempat kerja atau di rumah, jika sudah lelah dalam bekerja beristirahatlah sejenak supaya lebih tenang dan dapat meningkatkan energi dan fokus ketika kembali bekerja. Misalnya, melakukan peregangan, berjalan-jalan singkat atau minum air putih.
  • Mengetahui cara menurunkan stres setelah seharian bekerja, misalnya dengan melakukan kegiatan yang positif seperti berolahraga, membaca buku, berkumpul dengan keluarga, atau beribadah.
  • Mencoba mengenali diri sendiri secara lebih mendalam, misalnya mengenali kelebihan dan keterbatasan diri, sehingga kita akan dapat lebih mencintai dan menghargai diri sendiri. Selain itu dengan mengenali diri sendiri secara mendalam, kita juga bisa menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres atau dapat merencanakan langkah yang tepat untuk mengelolanya jika mengalami stres.
  • Meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti melakukan hobi atau berkumpul bersama keluarga.
  • Menjalin hubungan dengan keluarga dan teman. Hubungan yang bermakna dan menyenangkan, mendapatkan dukungan emosional dan pemecahan masalah yang sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.
  • Menjaga kebersihan diri dan melakukan perawatan secara fisik.
  • Tidur yang cukup.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Memilih makanan sehat, bergizi dan seimbang serta memastikan kecukupan nutrisi sepanjang hari.
  • Melakukan hal-hal yang mengurangi risiko penyakit, misalnya mendapatkan vaksinasi dan menghindari merokok.
  • Mencari perawatan dari dokter atau profesional kesehatan lainnya bila diperlukan.
  • Melakukan perawatan diri secara spiritual, seperti shalat, berdoa, mengaji, pergi ke mesjid, mensyukuri atas apa yang sudah diperoleh, dan melakukan hal-hal baik setiap hari secara rutin.

Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental

Melakukan perawatan diri secara teratur dapat membantu kita menjadi lebih baik dan lebih mampu bereaksi terhadap kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam hidup, serta terjaganya kesehatan.

Manfaat yang kita dapatkan jika melakukan perawatan diri secara teratur adalah kondisi kesehatan menjadi lebih baik, seperti menurunnya tingkat stres, sistem kekebalan meningkat, produktivitas meningkat, dan memiliki harga diri yang lebih tinggi (Lawler, 2021; Pratt, 2021.

Perawatan diri, jika dipraktikkan dengan tepat dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari maka akan memperkuat kesehatan emosional, fisik, dan spiritual. Perawatan diri adalah dasar untuk tercapainya kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan (Lawler, 2021; Pratt, 2021).

Itulah beberapa cara melakukan self care untuk menjaga kesehatan jiwa.***