Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Jiwa
Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Healmind – Simak cara manajemen stres untuk menjaga kesehatan jiwa, di sini.

Manajemen stres adalah tentang bagaimana kita melakukan suatu tindakan dengan melibatkan aktivitas berpikir, emosi, rencana atau jadwal pelaksanaan, dan cara penyelesaian masalah.

Manajemen stres diawali dengan mengidentifikasikan sumber-sumber stres yang terjadi dalam kehidupan. Langkah ini tidaklah semudah bayangan kita.

Terkadang sumber stres yang kita hadapi sifatnya tidak jelas dan tanpa disadari, kita tidak mempedulikan stres itu sebagai langkah untuk meminimalisir beban pikiran, perasaan, dan perilaku.

Misalnya saja, kita sepaham bahwa pekerjaan yang dikejar oleh deadline selalu menimbulkan ketidaknyamanan, namun karena kita tidak peduli dengan efeknya, kita menjadi terbiasa untuk selalu pekerjaan.

Cara Mengelola atau Manajemen Stres

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, berikut beberaa cara mengelola atau manajemen stres agar hidup lebih sehat jiwa dan raga:

  1. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya
  2. Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan
  3. Kembangkan hobi yang bermanfaat
  4. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan
  5. Berpikir positif
  6. Tenangkan pikiran dengan relaksasi
  7. Jagalah kesehatan dengan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan makanan bergizi seimbang, serta terapkan perilaku bersih dan sehat