Cara Berlatih Kebugaran Mental dan Manfaatnya

Apa itu Terapi Olahraga dan Tugas Terapis Olahraga
Apa itu Terapi Olahraga dan Tugas Terapis Olahraga

Healmind Simak cara berlatih kebugaran mental dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari, di sini.

Meningkatkan kebugaran mental berarti memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan yang optimal dengan melakukan upaya yang konsisten dan sadar untuk melatih pikiran Anda.

Meskipun hal ini tidak berarti Anda akan selalu berkembang, latihan teratur yang Anda lakukan dapat menyiapkan Anda untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik ketika tantangan itu muncul—dan kami tahu hal itu selalu terjadi.

Apa itu kebugaran mental?

Istilah ‘kebugaran mental’ merupakan analogi kebugaran jasmani. Kebugaran mental tidak secara harfiah berarti otak adalah otot yang dapat dilatih, namun konsep ini didasarkan pada gagasan bahwa kesehatan—baik fisik maupun mental—dapat ditingkatkan dengan melakukan latihan yang tepat secara konsisten.

Latihan fisik membangun kekuatan dan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memenuhi tuntutan fisik kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, pelatihan mental yang disengaja meningkatkan kemampuan pikiran kita untuk mengelola, memulihkan, dan mencegah potensi tantangan mental seperti stres, kecemasan, dan depresi.

Cara Melakukan Kebugaran Mental

Dikutip dari Smiling Mind,  kebugaran mental merupakan kemampuan kita untuk melakukan yang terbaik setiap hari, menghadapi tantangan, dan mendukung kondisi kesejahteraan mental yang positif bahkan selama masa-masa sulit.

Dalam praktiknya, kebugaran mental melibatkan pengembangan sumber daya mental yang secara konsisten dan disengaja dapat dimanfaatkan untuk merespons kemunduran, mempertahankan hubungan yang sehat, menavigasi perubahan dan ketidakpastian, serta membuat keputusan yang efektif.

Kebugaran mental dapat dipraktikkan secara proaktif, sebelum tanda-tanda penyakit mental muncul, atau pada tahap awal ketika menghadapi tantangan dan pemicu stres.

Penelitian menyoroti beberapa keterampilan mental yang, jika dilatih secara teratur, dapat menyiapkan kita untuk kesehatan mental dan kesejahteraan seumur hidup, dan memungkinkan kita untuk berkembang.

Dipimpin oleh penelitian ini dan basis bukti yang luas, Smiling Mind telah menciptakan kerangka kebugaran mental yang unik , yang menggabungkan serangkaian keterampilan mental utama ini ke dalam lima bidang berbeda yang dapat dilatih dan dikembangkan.

Smiling Mind mendefinisikan area ini sebagai:

Perhatian

Kemampuan untuk menghadirkan kesadaran yang tidak menghakimi dalam pikiran dan emosi kita, melatih perhatian dan fokus untuk mengatasi gangguan, serta menghadirkan pola pikir yang terbuka dan penuh rasa ingin tahu dalam setiap situasi.

Pemikiran yang fleksibel

Kekuatan untuk menghadapi situasi dengan kemampuan beradaptasi, mengelola emosi dan reaksi selama keadaan sulit, dan melatih rasa syukur.

Koneksi

Kapasitas untuk membangun hubungan yang kuat dan sehat dengan diri sendiri dan orang lain melalui rasa welas asih dan komunikasi positif, serta dengan mendekati orang dengan empati, kebaikan, dan kasih sayang.

Tujuan

Motivasi untuk memberikan kontribusi yang berarti kepada dunia dengan cara memanfaatkan kekuatan pribadi kita dan selaras dengan nilai-nilai kita.Kesehatan fisik

Upaya sehari-hari yang kita lakukan untuk menjadi aktif, dan kemampuan untuk secara efektif memasuki relaksasi dan tidur nyenyak.

Mirip dengan kebugaran fisik, kita berharap untuk melihat dampak terbesar ketika kita mengembangkan diri di berbagai bidang—bukti secara khusus mendukung lima pilar kebugaran mental ini.

Manfaat Kebugaran Mental

Tujuan untuk berkembang dalam hidup mungkin terasa cukup tinggi, terutama karena hal ini agak sulit untuk dikonseptualisasikan.

Untuk mempermudah melihat bagaimana keterampilan kebugaran mental meningkat menuju kesejahteraan, mari kita uraikan manfaat langsung dan jangka panjang dari membangun kebugaran mental Anda.

Itulah cara berlatih kebugaran mental dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari.***