Cara Berdamai dengan Diri Sendiri dan Masa Lalu agar Bisa Move On

Tahapan Proses Penuaan Beserta Daftar Gangguan Fisik dan Mental pada Lansia
Tahapan Proses Penuaan Beserta Daftar Gangguan Fisik dan Mental pada Lansia

Healmind – Simak cara berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu agar bisa move on, di sini.

Dikutip dari Psychology Today, berikut cara berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu agar bisa move on:

1. Berhentilah mencoba menjadi pahlawan dalam ceritamu

Setiap orang pernah terluka. Setiap orang pernah merasa kecewa. Namun, ada yang memilih untuk tidak menyuarakan lukanya.

Itu sebabnya, menerima apa yang sudah terjadi lebih baik daripada menyalahkan masa lalu. Pasalnya, membuat skenario seolah-olah membuat diri kita menjadi pahlawan tidak akan membuat hidup tenang.

Segala sesuatu dalam hidup pasti memiliki awal dan akhir. Itu sebabnya, kita tidak perlu mengulang masa lalu dan tetap hidup di sana. Jadi, berdamailah dengan masa lalu dan segera move on.

2. Jangan biarkan orang lain mendefinisikan siapa dirimu

Memikirkan segala bentuk opini orang lain akan membuat kita kehilangan kendali dan jati diri.

Kita tidak bisa mengontrol apa yang orang lain lakukan, tetapi kita dapat mengontrol diri sendiri. Jadi, fokuslah dengan apa yang sedang dikerjakan, bukan apa yang orang lain pikirkan.

Ingatlah bahwa yang menjalani hidup adalah kita, bukan orang lain.

3. Belajar memaafkan diri sendiri

Saat terjadi kesalahan, kita cenderung akan menyalahkan diri sendiri. Kita bahkan jadi sulit untuk menerima bahwa kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan. Jadi, belajarlah untuk memaafkan diri sendiri karena tiap kesalahan dapat diperbaiki.

Kesalahan bukan akhir, namun salah satu pemberhentian sebagai persiapan untuk perjalanan selanjutnya. Oleh sebab itu, kita harus bisa belajar dari masalah dan terus bergerak maju.

4. Lepaskan Masa Lalu

Sebagian besar orang tidak bisa melepaskan masa lalu karena mereka tidak bisa menghargai tiap momen yang terjadi di masa kini.

Ingin melepaskan apa yang sudah terjadi di masa lalu? Mulailah dengan menghargai apa yang kita miliki saat ini. Bersyukur apa yang ada sekarang dan mulai untuk fokus ke masa depan.

Itulah cara berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu agar bisa move on.***