Yuk Berbagi Cerita, Jangan Simpan Sendiri!

Berbagi cerita membantu melepaskan beban.
Berbagi cerita membantu melepaskan beban.

Pada masa perkembangan teknologi saat ini, berbagi cerita bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Saling berbagi kisah dan hal yang dialami tidak hanya membantu Anda melepaskan beban, tetapi juga berdampak positif pada Anda maupun pendengar.

Hal ini dapat terjadi hanya jika Anda dan orang lain tersebut sama-sama menjadi pendengar yang mampu berempati serta mengkomunikasikan cerita Anda tanpa menyinggung satu sama lain.

Berbagi cerita membantu menemukan diri Anda sendiri

Saat berbagi cerita, Anda belajar mengekspresikan diri Anda dan belajar mengkomunikasikan masalah Anda agar dapat dipahami orang lain. Mengembangkan dan menyusun cerita Anda mendorong Anda untuk membuat Anda memikirkan kembali kejadian atau peristiwa hidup Anda.

Berbagi kisah dengan orang lain juga membuat Anda dapat menemukan inti atau poin penting dari kejadian serta mengingat detil kejadian yang pernah Anda alami.

Memahami Jika Anda Tidak Sendiri

Ketika saling berbagi banyak hal dan kisah, Anda mengetahui jika teman Anda atau orang lain juga sedang atau pernah mengalami kesulitan yang sama. Memiliki kesamaan dengan orang lain mendorong kita lebih bersemangat untuk tetap berjuang dan bertahan.

Ada kalanya, cerita Anda juga ditanggapi berbeda oleh orang lain berdasarkan pengalaman dan latar belakang mereka. Bagian cerita Anda yang terlihat biasa bisa saja menjadi istimewa untuk orang lain.

Berbagi cerita membantu Anda menemukan solusi

Berbagi kisah yang dialami memungkinkan Anda mencari tahu lebih banyak atau menggali lebih dalam terkait masalah Anda.

Saat pendengar Anda cukup aktif dan dapat memberikan reaksi yang positif, saling berbagi kisah pada akhirnya memperluas perspektif Anda terhadap masalah Anda sendiri.

Menunjukkan siapa Anda pada orang lain

Ketika Anda berbagi dengan orang lain, Anda mulai menunjukkan keterbukaan diri agar orang lain dapat melihat siapa Anda sebenarnya. Meskipun karakter atau kepribadian seseorang tidak semata-mata dinilai dari cerita, masalah, atau pendapatnya, namun dengan berbagi, Anda mengijinkan orang lain melihat lebih dalam siapa Anda dan seperti apa kehidupan Anda yang tidak diketahui semua orang.

Berbagi cerita membantu membangun koneksi dan ikatan dengan orang Lain

Berbagi kisah merupakan awal dari ikatan yang lebih kuat antara Anda dengan orang lain. Awalnya mungkin Anda hanya berbagi beberapa cerita sederhana atau bagian cerita yang sehari-hari terjadi.

Namun, seiring berjalannya waktu, Anda dapat berbagi pandangan Anda atau menceritakan masalah Anda lebih bebas jika pendengar Anda nyatanya dapat membuat Anda menjadi lebih nyaman.