Bahaya Overthinking untuk Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Bad Mood dengan Cepat
Penyebab dan Cara Mengatasi Bad Mood dengan Cepat

Healmind – Simak bahaya overthinking untuk kesehatan mental dan cara mengatasinya, di sini.

Dewasa ini, tidak sedikit orang, khususnya anak muda yang sering mengalami overthinking atau terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Overthinking masuk kedalam katagori psychological disorder atau gangguan psikologis karena menimbulkan kecemasan atau anxiety pada penderitanya. Overthinking juga disebut paralysys analysys, dimana orang tersebut terus menerus memikirkan suatu permasalahan tanpa menemukan solusi (Fakhir, 2019).

Sikap berpikir sebelum melakukan sesuatu, berhati-hati saat mengambil sebuah keputusan memanglah wajar, karena kita juga harus memikirkan dampak positif dan negative untuk suatu keputusan yang kita ambil.

Tapi apakah kalian tau jika terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu akan menjadi tidak baik bahkan menjadi boomerang untuk kesehatan fisik dan mental. Menjadi dampak buruk pada diri sendiri seperti mudah capek secara emosional dan itu akan mengganggu kesehatan mental anda.

Berikut beberapa dampak negatif overthinking, dikutip dari laman resmi Dirjen Yankes Kemenkes RI:

Waktu Terbuang Sia-Sia

Jika anda terlalu fokus terhadap sesuatu hal yang mana itu adalah pikiran negative, anda akan stuck disitu. Alhasil anda tidak akan melakukan kegiatan lain dan itu sangat membuang waktu.

Anda yang seharusnya dapat produktif dengan kegiatan positif lainnya tapi terhambat dengan overthinking anda, Akhirnya anda akan merasa cemas sepanjang waktu dan hal itu sangat merugikan. Hal itu bisa mempengaruhi kesehatan mental yang mana akibat stress karena overthinking itu sendiri.

Bagaimana? sangat merugikan bukan? Yuk stop overthinking karena waktu kita sangat berharga untuk aktivitas produktif yang lebih bermanfaat.

Gangguan Kesehatan

Overthinking yang berlebih akan berdampak pada kesehatan anda seperti , susah tidur bahkan tidak nafsu makan serta gangguan pencernaan. Pelepasan kortisol dapat memengaruhi sistem pencernaan dan dapat memicu kenaikan asam lambung, konstipasi, GERD, Irritable Bowel Syndrome (IBS), diare.

Parah nya jika sudah akut anda akan merasa sakit kepala,demam, dan naik nya tekanan darah jika anda mempunyai riwayat hipertensi. Jangan hanya karena overthinking fisik kita menjadi lemah dan akhirnya jatuh sakit.

Sudah tau dampak dari overthinking yang ternyata sangat merugikan bukan. Pikiran negatif tidaklah salah akan tetapi kita harus bisa mengontrol itu semua, kapan waktunya kita berhenti memikirkan hal itu, beri batas waktu. Hanya diri kita sendiri yang bisa mengontrol semua pikiran kita.

Hanya kita yang bisa mengendalikannya. Jika kita berpikir buruk maka buruklah itu, dan jika kita berpikir baik maka baiklah itu. Mulai latih pikiran kita menjadi lebih positif ketika kita menilai sesuatu hal, karena respon yang positif akan membuat kita bisa lebih tenang untuk menjalani kehidupan ini.***