Apa Itu Delusi?

Pengertian Terapi Individu, Cara Kerja, dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Individu, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Healmind – Delusi adalah sebuah keyakinan atau kenyataan semu yang diyakini terus menerus namun dengan bukti yang berlawanan.

Orang yang mengalami kenyataan semu ini biasanya akan sulit melepaskan keyakinan tersebut.

Delusi seringkali dianggap sebagai bagian dari gangguan psikotik.

Mereka yang mengalami delusi kerap kali sering merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada seperti mendengar suara atau merasakan hewan yang berada di kulitnya.

Lalu, ada beberapa jenis delusi yang dapat menjadi diagnosis seseorang mengalami gangguan ini.

Jenis delusi sendiri dibagi berdasarkan tema kenyataan semu yang dialami oleh penderita diantaranya yaitu:

1. Delusi Erotomanik

Pada tipe ini, orang yang mengalami kenyataan semu ini akan berfikiran bahwa biasanya orang yang memiliki status sosial yang tinggi jatuh cinta dengannya.

Contohnya seseorang percaya bahwa seorang artis mencintai mereka dan mereka akan berkomunikasi melalui gestur yang ada di televisi.

Tak jarang orang yang mengalami jenis ini membuat pengakuan-pengakuan kepada publik tent. Misalnya saja kepada teman-temannya.

Parahnya, terkadang pengakuan tersebut dibuat di media sosial. Alhasil, bisa membuat orang yang diaku-aku menjadi kekasihnya merasa tidak nyaman.

2. Grandiose atau Muluk

Dalam jenis grandiose atau muluk, seseorang akan percaya bahwa mereka memiliki sebuah bakat, ketenaran, kekayaan, atau kekuasaan yang luar biasa meskipun kurangnya bukti.

Contohnya yaitu seseorang percaya bahwa Tuhan telah memberinya kekuatan untuk menyelamatkan alam semesta dan setiap hari dirinya akan menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang akan membantu kelangsungan hidup di dunia.

3. Delusi Persecutory atau Penganiayaan

Seseorang yang mengalami jenis persecutory atau penganiayaan akan percaya bahwa  mereka sedang dimata-matai, dibius, diikuti, difitnah, ditipu, dan sebagainya.

4. Jealous atau Cemburu

Pada jenis ini, seseorang akan memiliki kepercayaan bahwa pasangan mereka tidak setia.

Contohnya seseorang yang mengalami jenis ini akan percaya bahwa pasangannya sering kali mengirimkan pesan rahasia ke orang lain.

5. Delusi Somatic atau Somatik

Orang dengan keyakinan semu jenis somatik percaya bahwa mereka mengalami sensasi fisik atau disfungsi tubuh di bawah kulit, atau bahwa mereka menderita kondisi medis umum atau cacat.

Contohnya seseorang yang percaya ada parasit yang hidup di dalam tubuhnya mungkin mengalami jenis somatik.

sumber: https://www.verywellmind.com/