5 Aktivitas saat Pandemi yang Bikin Stay at Home Terasa Worth It

Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya
Contoh Penerapan Mindfulnes dan Manfaatnya

Healmind – Kondisi pandemi yang kita alami sudah berjalan selama selama setahun. Bahkan sudah hampir memasuki tahun kedua. Kondisi ini menyebabkan banyaknya kebiasaan yang sebelumnya dilakukan menjadi berubah. Sehingga kita membutuhkan aktivitas yang positif untuk dilakukan saat pandemi.

Salah satu penyesuaiannya adalah kegiatan yang melibatkan orang banyak harus dibatasi. Pembatasan yang terjadi tersebut menyebabkan semakin menurunnya interaksi satu dengan yang lain.

Pandemi yang terjadi membuat kita mau tidak mau untuk stay at home. Stay at home menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya pembatasan kegiatan yaitu muncul rasa jenuh. 

Terdapat 5 aktivitas saat pandemi covid-19 yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu ketika stay at home. Kegiatan yang dilakukan dapat menghilangkan rasa jenuh pada saat masa pandemi. Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu:

1. Menemukan hobi baru

Mungkin kita memiliki pemikiran buruk tentang pandemi yang terjadi. Ternyata pandemi yang terjadi tidak sepenuhnya buruk seperti yang kita kira. Aturan yang muncul seperti untuk stay at home membuat kita semakin memiliki banyak waktu luang. 

Waktu luang yang berlebih tersebut dapat memberikan kesempatan untuk mengeksplor hal-hal baru. Seperti berbagai jenis hobi yang mungkin sebelumnya belum sempat kita eksplor. Salah satu contoh hobi baru yang dapat dilakukan adalah memiliki binatang peliharaan atau memelihara tanaman. Hobi baru tersebut bisa menjadi aktivitas baru untuk mengisi waktu luang saat pandemi. Juga dapat menjadi kegiatan yang amat positif.

2. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas lain yang dapat dilakukan saat pandemi yang dapat dilakukan saat kita work from home atau study from home. Selain untuk mengisi waktu luang, dengan berolahraga dapat memperkuat imun yang dimiliki. Imun yang kuat dapat menyebabkan kita terhindar dari virus yang ada saat ini. Berolahraga juga membuat kita menjadi bergerak setelah seharian menatap layar laptop atau komputer.

Sekarang ini banyak media yang menyediakan banyak sekali tutorial gratis untuk melakukan olahraga di rumah. Sehingga tidak hanya olahraga outdoor, tetapi kita juga dapat melakukan olahraga secara indoor. Olahraga outdoor seperti bersepeda juga masih dapat kita lakukan. Tetapi harus tetap dengan memperhatikan dan melakukan protokol kesehatan.

3. Meditasi

Meditasi juga dapat menjadi pilihan untuk berkegiatan di rumah. Gunanya dari meditasi yang dilakukan untuk adalah untuk menyeimbangkan kehidupan yang dimiliki. Bentuk meditasi tidak hanya serta merta berdiam diri dan berfokus dengan diri sendiri. 

Ternyata meditasi merupakan latihan yang dapat membuat kita menerima kehidupan yang dimiliki dan dapat membantu kita untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasaan akan hidup.

4. Aktivitas saat pandemi: Clear Out

Membersihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Mulai menyusun kembali barang-barang yang ada di rumah, memisahkan mana barang yang masih bisa digunakan dan tidak. 

Apabila barang tersebut masih layak untuk digunakan dapat didonasikan untuk keluarga atau orang yang membutuhkan.

5. Practice Selfcare

Memanjakan diri merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada diri. Aktivitas yang dapat dilakukan seperti berendam, spa, facial wajah, ataupun menonton film melalui media online yang tersedia. 

Apabila aktivitas tersebut dapat membuat kita merasa lebih baik, luangkan waktu untuk melakukannya. 

Nah, setelah mengetahui beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang ketika stay at home saat pandemi. 

Kita juga bisa lho mengeksplor aktivitas saat pandemi yang lebih beragam agar terhindar dari rasa jenuh stay at home. Tentu saja, selain mencoba beberapa aktivitas yang telah disebutkan. 

Selamat mencoba!