8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Pengertian Terapi Spiritual, Jenis-jenis, dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Spiritual, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Healmind – Simak manfaat puasa untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, di sini. Puasa sebenarnya memiliki tujuan yang mulia mulai dari memperkuat keimanan,mengejar ampunan dari Allah SWT, memperkuat ukhuwah dsb.

Namun dibalik tujuan itu puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan, dikutip dari laman resmi Dirjen Yankes Kemenkes RI:

1. Berfungsi sebagai detoksifikasi

Puasa merupakan momen untuk tubuh kita melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun serta zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Saat umat muslim menjalani ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh secara otomatis melakukan proses regenerasi dengan baik. Selain itu, berpuasa juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik dan tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi kita semua.

 

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Puasa dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin dalam tubuh. Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membuat penyaluran glukosa dari pembuluh darah ke dalam sel lebih efisien.

3. Membantu melawan infeksi

Infeksi terjadi akibat adanya peradangan akut yang terjadi dalam tubuh manusia. Jika dibiarkan, infeksi dan peradangan ini juga bisa menimbulkan konsekuensi serius untuk kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat puasa bagi kesehatan mampu membantu menurunkan level peradangan dan infeksi sekaligus membantu memperbaiki tingkat kesehatan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa infeksi dan peradangan sangat mungkin terlibat pada perkembangan kondisi yang kronis seperti kanker, penyakit jantung serta rheumatoid arthritis. Dengan rutin melakukan puasa selama satu bulan secara signifikan mampu menekan tingkat penanda peradangan

4. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) merupakan sejenis hormone protein yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat atau keuntungan puasa bagi kesehatan lainnya adalah mampu meningkatkan sekresi hormone pertumbuhan. Menurut sebuah penelitian, hormone ini dibutuhkan untuk banyak hal seperti pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan hingga meningkatkan kekuatan otot.

Puasa yang dilakukan secara alami mampu meningkatkan kadar HGH. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada sembilan pria juga menunjukkan bahwa puasa yang dilakukan hanya dalam kurun waktu dua hari mampu meningkatkan produksi HGH sebanyak 5 kali lipat. Kadar HGH juga akan semakin optimal jika kadar gula darah dan insulin terkontrol dengan baik.

5. Mengurangi kolesterol tubuh

Manfaat puasa juga dapat dirasakan pada kadar kolesterol tubuh. Pasalnya, puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Selain itu dengan pengaturan makan yang hanya 2 kali dalam sehari juga meminimalisir mengonsumsi makanan secara berlebih jika dibandingkan hari biasa.

6. Menurunkan berat badan

Manfaat puasa yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi. Dengan puasa kita menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian yang dikonsumsi serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

7. Meminimalisir potensi timbulnya kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa puasa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Pasalnya, selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kanker, akan berkurang akibat terbatasnya asupan nutrisi.

8. Mencegah depresi dan mengurangi kecemasan

Saat berpuasa, tubuh mengeluarkan hormon endofrin yaitu hormon yang membuat bahagia. Peningkatkan hormon ini kemudian dapat membuat mood lebih bahagia, mencegah depresi dan meringankan masalah kecemasan.