8 Fase Terapi EMRD dan Cara Kerjanya

8 Fase Terapi EMRD dan Cara Kerjanya
8 Fase Terapi EMRD dan Cara Kerjanya
Healmind – Simak penejlasan tentang fase-fase dalam terapi EMRD dan cara kerjanya ,di sini.

Dikutip dari webmd.org, Desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata (EMDR) adalah jenis psikoterapi non-tradisional yang cukup baru . Ini menjadi lebih populer, terutama untuk mengobati gangguan stres pasca trauma ( PTSD ).

PTSD sering terjadi setelah pengalaman seperti pertempuran militer, penyerangan fisik, pemerkosaan, atau kecelakaan mobil.

Meskipun penelitian telah menunjukkan keefektifannya, EMDR masih kontroversial di kalangan beberapa profesional kesehatan.

Sekilas, EMDR tampaknya menangani masalah psikologis dengan cara yang tidak biasa. Hal ini tidak bergantung pada terapi bicara atau pengobatan .

Sebaliknya, EMDR menggunakan gerakan mata pasien yang cepat dan berirama . Dengan bantuan terapis EMDR, gerakan mata ini dapat menurunkan kekuatan ingatan emosional atas peristiwa traumatis di masa lalu.

Meskipun sebagian besar penelitian tentang EMDR telah meneliti penggunaannya pada orang dengan PTSD, EMDR terkadang digunakan untuk mengatasi tantangan psikologis lainnya. Mereka termasuk:

  • Serangan panik
  • Gangguan Makan
  • Kecanduan
  • Kecemasan, seperti ketidaknyamanan saat berbicara di depan umum atau prosedur perawatan gigi

Fase EMDR

EMDR dapat dipisahkan menjadi delapan fase. Tiga hal pertama pada dasarnya membantu mengidentifikasi masalah yang harus diatasi selama terapi dan menjelaskan cara kerjanya.

Tiga fase berikutnya dikelompokkan sebagai “stimulasi bilateral EMDR.” Mereka adalah bagian aktif dari terapi.

Fase-fase ini menghubungkan trauma emosional dan kenangan yang mengganggu dengan kondisi pikiran Anda saat ini dan cara tubuh Anda merespons terapi. Stimulasi bilateral mengaktifkan kedua sisi otak – seringkali dengan terapis mengarahkan gerakan mata dari sisi ke sisi – untuk menghadapi kenangan traumatis atau emosi sulit dengan cara yang berbeda. Terapis Anda akan menyebutnya “pemrosesan ulang”.

Fase ketujuh dan kedelapan dimaksudkan untuk mengembalikan Anda ke keadaan lebih tenang dan mengetahui bagaimana sesi terapi berlangsung. Semua fase itu penting, namun tidak semua fase disertakan dalam setiap sesi dengan terapis.Secara singkat tahapannya adalah:

Fase 1: Pengumpulan dan berbagi informasi: Ini mencakup percakapan tentang alasan Anda datang ke terapi dan beberapa informasi tentang riwayat pribadi Anda. Terapis Anda juga akan membuat rencana perawatan di fase 1.
Fase 2: Persiapan: Tujuan utama fase 2 adalah agar terapis menjelaskan cara kerja EMDR dan cara mengelola emosi keras atau menjengkelkan yang mungkin muncul selama sesi.
Fase 3: Penilaian: Selama fase 3, Anda dan terapis Anda mengidentifikasi peristiwa atau keadaan traumatis yang ingin Anda atasi selama terapi. Hal ini mencakup membicarakan detail peristiwa dan emosi di sekitarnya, serta gagasan tentang bagaimana Anda ingin memikirkan dan merasakan peristiwa tersebut di masa depan.
Fase 4: Desensitisasi: Selama fase 4, Anda fokus pada memori target sementara terapis memandu Anda melalui gerakan mata. Anda juga membagikan pemikiran atau perasaan baru apa pun tentang sumber trauma Anda.
Fase 5: Instalasi: Ini adalah bagian penting dari terapi. Itu adalah saat Anda mulai melekatkan perasaan dan pikiran positif pada ingatan yang sebelumnya dikaitkan dengan emosi traumatis atau tidak menyenangkan.
Fase 6: Pemindaian tubuh: Saat Anda memikirkan tentang memori yang menjadi target terapi Anda, Anda memperhatikan dengan cermat setiap respons fisik yang Anda miliki. Tujuannya adalah seiring berjalannya terapi, gejala fisik negatif yang Anda alami akan semakin sedikit hingga Anda tidak mengalami gejala apa pun sama sekali.
Fase 7: Penutupan: Ini adalah jumlah sesi yang akan berakhir. Terapis EMDR Anda membantu Anda menjaga keadaan tenang dan rasa aman. Anda dan terapis Anda berbicara tentang bagaimana memori target telah diproses dan bagaimana perasaan Anda terhadap memori tersebut saat ini. Terapis Anda juga memberi Anda cara untuk mengelola tantangan emosional apa pun yang mungkin muncul di antara sesi.
Fase 8: Evaluasi Ulang: Meskipun ini adalah fase 8, sebagian besar sesi juga dimulai setelah bagian aktif terapi dimulai. Ini adalah waktu bagi Anda dan terapis Anda untuk mencari tahu bagaimana terapi berjalan dan membicarakan kenangan, perasaan, atau pemikiran baru yang muncul sejak sesi sebelumnya. Fase 8 juga digunakan untuk membuat perubahan apa pun pada rencana perawatan Anda.

Jika Anda mendapatkan perawatan EMDR untuk mengatasi satu peristiwa atau ingatan traumatis, Anda mungkin menjalani antara tiga hingga enam sesi. Jika kejadian yang mengganggu lebih rumit atau terjadi dalam jangka waktu yang lama, Anda mungkin memerlukan delapan hingga 12 sesi, atau bahkan lebih.

Bahkan pendukung EMDR yang paling antusias pun belum sepakat tentang cara kerja terapi ini. Pada titik ini, yang ada hanyalah teori, dan hal ini terkadang membuat EMDR menjadi kontroversial.

Dengan mendorong ingatan akan peristiwa-peristiwa yang menyusahkan dan mengalihkan perhatian dari konsekuensi emosionalnya, EMDR dalam beberapa hal meminjam prinsip-prinsip dasar yang digunakan dalam terapi pemaparan berkepanjangan, pengobatan psikoterapi perilaku standar emas untuk PTSD. Beberapa terapis percaya bahwa EMDR mengurangi kecemasan .

Hal ini memungkinkan pasien untuk lebih mengendalikan pikiran menjengkelkan mereka. Yang lain hanya mengatakan bahwa kita belum memahami cara kerja EMDR. Menurut pedoman APA, EMDR memerlukan studi lebih lanjut untuk lebih memahaminya.***