7 Rekomendasi Olahraga untuk Menghilangkana Stres

olahraga untuk menghilangkan stres
olahraga untuk menghilangkan stres

Healmind – Simak 7 rekomendasi olahraag untuk menghilangkan sters, di sini.

Cara menghilangkan stres dengan olahraga sebenarnya sudah cukup populer, bahkan tak sedikit orang yang menerapkannya. Akan tetapi, beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa olahraga tidak hanya bisa memberikan manfaat secara fisik, tetapi juga mental.

Rekomendasi Olahraga Menghilangkan Stres

Terdapat beberapa olahraga penghilang stres yang dapat dilakukan, dikutip dari RS Siloam,  antara lain:

1. Yoga

Manfaat yoga dalam menjaga kesehatan mental sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, salah satu olahraga menghilangkan stres ini melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran, sehingga bisa meredakan ketegangan otot dan fisik akibat rasa cemas.

Selain itu, yoga juga menerapkan latihan pernapasan yang dapat menstimulasi respon relaksasi tubuh. Alhasil, stres akan perlahan mereda dan tubuh menjadi lebih santai. Di samping itu, yoga juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Anda dapat melakukan yoga secara rutin, setidaknya 35–40 menit per harinya, bisa secara mandiri di rumah atau bergabung dengan kelas yoga.

2. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah pilihan olahraga paling mudah yang bisa dilakukan. Jalan kaki baik secara santai atau cepat diketahui dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan melatih pernapasan. Anda dapat memilih untuk berjalan kaki di jalur dengan pemandangan alam yang indah untuk menyegarkan pikiran.

Mulailah jalan kaki secara rutin sebanyak dua kali seminggu dengan durasi 10 menit. Setelah beberapa minggu, cobalah meningkatkan frekuensi dan durasinya secara bertahap. Untuk memperoleh manfaat yang optimal, disarankan rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

3. Pilates

Jenis olahraga penghilang stres berikutnya adalah pilates. Olahraga ini diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot serta daya tahan tubuh, sehingga dapat menurunkan tingkat stres di dalam tubuh. Selain mengatasi stres, pilates juga diklaim dapat mengurangi nyeri leher dan punggung.

4. Menari

Menari merupakan pilihan olahraga menghilangkan stres yang cukup menyenangkan, sehingga diyakini bisa memberikan manfaat secara fisik, mental, bahkan emosional. Setiap gerakan ketika seseorang menari dapat menngkatkan detak jantung dan kelincahan tubuh.

Selain itu, menari yang dilakukan dengan banyak orang atau secara tim juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Pasalnya, interaksi dengan orang lain dapat menstimulasi rasa bahagia dan pada akhirnya akan menurunkan tingkat stres.

5. Tai Chi

Tidak berbeda jauh dengan yoga, tai chi juga merupakan jenis olahraga menghilangkan stres yang tidak hanya mengandalkan gerak tubuh, tetapi juga menggunakan teknik pernapasan dalam. Meski didasari gerakan bela diri, tai chi ternyata bermanfaat untuk menenangkan pikiran.

Jenis olahraga dari Tiongkok ini juga diketahui dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh. Tak hanya itu, bahkan tai chi juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan imun tubuh, hingga mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti gagal ginjal dan radang sendi.

6. Tenis

Tenis adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan berpasangan, sehingga bisa sebagai sarana untuk berinteraksi dengan orang lain.

Di samping itu, selain dapat melepaskan hormon endorfin seperti olahraga pada umumnya, tenis bisa mendorong seseorang menjadi lebih kompetitif. Dengan begitu, rasa stres akan perlahan menghilang tergantikan dengan keinginan untuk menang. Bahkan, tenis tidak hanya menjadi olahraga menghilangkan stres, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

7. Kickboxing

Kickboxing adalah pilihan olahraga menghilangkan stres yang bisa dilakukan jika ingin melampiaskan emosi terhadap suatu hal. Kickboxing menggunakan teknik tinju dan menendang. Selain bisa melampiaskan emosi, kickboxing juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh.***