7 Manfaat Terapi Hubungan Individu untuk Kehidupan Sehari-hari

7 Manfaat Terapi Hubungan Individu untuk Kehidupan Sehari-hari
7 Manfaat Terapi Hubungan Individu untuk Kehidupan Sehari-hari

Healmind – Simak 7 manfaat terapi hubungan individu dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini.

Dikutip dari Practical Counseling NC, terapi hubungan individu dapat membantu Anda mengenali dan mengembangkan kekuatan dan kelemahan Anda, sehingga mengarah pada perbaikan dalam hubungan Anda.

Dengan mengatasi perilaku dan pola yang tidak produktif, Anda dapat membina hubungan yang lebih sehat dengan orang yang Anda cintai. Pendekatan ini tidak hanya bermanfaat bagi Anda, tetapi juga orang-orang yang sangat Anda sayangi.

Konselor berlisensi dapat membantu Anda mengatasi potensi masalah hubungan sebelum menjadi lebih buruk. Terapi hubungan individu memberdayakan Anda dengan berfokus pada satu aspek yang dapat Anda kendalikan – diri Anda sendiri.

Poin Penting Terapi Hubungan Individu

  • Terapi hubungan individu membantu Anda mengembangkan kesadaran diri, sehingga menghasilkan hubungan yang lebih sehat dan memuaskan.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi dan mendengarkan meningkatkan keharmonisan dan saling pengertian dengan pasangan Anda.
  • Memahami emosi Anda dan menetapkan batasan yang sehat akan menciptakan lingkungan yang mendukung dan saling menghormati dalam hubungan Anda.
  • Meskipun bermanfaat, terapi hubungan individu tidak selalu bermanfaat; konseling pasangan bisa menjadi pendekatan yang lebih berguna.

7 Manfaat Terapi Hubungan Individu 

Jika Anda ingin memberikan hubungan Anda kesempatan yang lebih baik untuk bertahan lama dan membantunya menjadi sumber kegembiraan dan kesenangan dalam hidup Anda, berikut beberapa cara terapi hubungan individu dapat membantu.

1. Anda mengenal diri sendiri lebih baik

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat hubungan Anda adalah dengan mengetahui siapa diri Anda. Apa yang penting untuk Anda? Apa nilai-nilai Anda? Apa batasan Anda?

Ini adalah hal-hal yang kita jalani sepanjang hidup tanpa terlalu memikirkannya. Kita disosialisasikan untuk mengutamakan orang lain, sehingga memikirkan diri sendiri dianggap egois.

Namun, ketika Anda mengenal diri sendiri dan meluangkan waktu untuk benar-benar memahami siapa diri Anda dan apa yang paling penting bagi Anda, akan lebih mudah untuk peduli terhadap orang lain. 

Anda belajar bagaimana memenuhi kebutuhan Anda sendiri, alih-alih mengharapkan orang lain memenuhinya untuk Anda.

2. Anda belajar berkomunikasi dengan lebih baik

Komunikasi adalah salah satu masalah terbesar dalam hubungan. Anda mungkin tahu cara berbicara – tetapi sebagian besar klien tidak tahu cara berkomunikasi secara efektif. 

Kesalahpahaman dan perasaan sakit hati sering terjadi ketika satu orang mencoba memberi tahu orang lain bagaimana perasaannya dalam suatu hubungan.

Terapi hubungan individu dapat membantu Anda berkomunikasi lebih baik. Seorang terapis dapat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menyampaikan perasaan dan pikiran Anda dengan cara yang tidak disalahpahami atau menyakitkan orang lain.

Anda dapat belajar berkomunikasi dengan cara yang menyampaikan maksud Anda tanpa khawatir pihak lain akan salah mengartikannya.

3. Anda dapat melihat pola perilaku Anda sendiri

Seringkali, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda melakukan hal yang sama berulang kali dalam hubungan Anda. Sulit untuk melihat tindakan kita sendiri karena kita terlalu dekat dengan perasaan dan emosi yang mengarah pada tindakan tersebut.

Terapi hubungan individu dapat membantu Anda melihat pola perilaku Anda di masa lalu dan saat ini yang mungkin menimbulkan masalah antara Anda dan pasangan. 

Saat Anda melihat pola-pola ini, Anda dapat mempelajari mengapa perilaku tersebut berulang dan mencari alternatif terhadap perilaku tersebut sehingga Anda tidak mengulanginya di masa mendatang.

4. Anda menjadi pendengar yang lebih baik

Sama pentingnya dengan komunikasi dalam suatu hubungan, mendengarkan juga sama pentingnya. Ketika Anda belajar berkomunikasi dengan lebih baik, Anda akan menginspirasi pasangan Anda untuk mengomunikasikan kebutuhan dan keinginannya kepada Anda, dan penting bagi Anda untuk belajar mendengarkan mereka.

Ketika Anda berbicara dan Anda merasa pasangan Anda tidak mendengarkan, apa yang terjadi? Anda merasa diremehkan. 

Dengan mempelajari keterampilan mendengarkan yang lebih baik melalui konseling hubungan individu, Anda dapat menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa menurut Anda mereka penting.

Mereka akan merasa Anda menghargai perasaan mereka dan mereka ingin melakukan hal yang sama untuk Anda.

5. Anda belajar bagaimana berargumen dengan hormat

Tidak peduli seberapa baik hubungan Anda saat ini, akan ada saatnya Anda berdua berselisih. Terkadang perbedaan pendapat tersebut berubah menjadi perdebatan.

Terapi hubungan individual dapat membantu Anda berargumentasi sambil tetap menghormati pasangan. 

Pertengkaran dapat menyebabkan keretakan besar dalam suatu hubungan jika salah satu pasangan merasa tidak dihargai. Jika perasaan tersebut terus berlanjut dari satu pertengkaran ke pertengkaran lainnya, hal itu dapat menyebabkan berakhirnya hubungan.

Namun, sangat mungkin terjadi pertengkaran yang tidak mengakhiri hubungan. Mempelajari cara untuk tidak setuju sambil tetap menghormati pasangan Anda adalah keterampilan yang bermanfaat dalam hubungan apa pun.

6. Anda belajar memahami emosi Anda

Kemarahan, gairah, ketakutan, kecemburuan, kebencian, cinta – semua ini adalah emosi yang dirasakan setiap orang dalam suatu hubungan pada suatu saat. Namun kebanyakan dari kita kesulitan menghadapinya. Bahkan emosi yang “baik”, seperti cinta dan gairah, bisa menjadi sulit untuk dikelola jika kita tidak yakin bagaimana cara mengelolanya.

Melalui konseling hubungan individu, Anda dapat melihat emosi Anda dengan aman dan menjadi lebih nyaman dengannya saat Anda belajar memahaminya dalam lingkungan yang aman.

7. Anda belajar menetapkan batasan

Beberapa klien menganggap batasan itu membatasi, namun batasan tersebut dapat bermanfaat sebagai individu dan dalam suatu hubungan. Saat Anda menjalin hubungan tanpa batasan sama sekali, hal ini memberi tahu orang lain bahwa mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan, tanpa dampak buruk.