4 Tips Mengatasi Rasa Insecure

Jenis-jenis Terapi yang Cocok untuk Anak Autis dan Manfaatnya
Jenis-jenis Terapi yang Cocok untuk Anak Autis dan Manfaatnya

Healmind – Simak r=4 tips mengatasi rasa insecure, di sini.

Insecure atau perasaan tidak aman seringkali mendera remaja yang sedang dalam tahap pencarian jati diri. Jika rasa insecure tersebut tidak diatasi dengan tepat bisa saja membuat tidak percaya diri. Untuk itu, dibutuhkan cara mengatasi insecure pada remaja secara tepat supaya mereka bisa tumbuh menjadi pribadi kuat dan penuh percaya diri.

Banyak hal yang bisa menimbulkan insecure pada remaja misalnya penampilan fisik, pergaulan, prestasi sekolah, kondisi sosial ekonomi dan sebagainya. Biasanya remaja akan merasa insecure kalau mereka merasa berada di bawah “standar”. Sebagai contoh pada remaja putri merasa insecure karena kulitnya tidak putih seperti iklan-iklan di televisi yang dijadikan sebagai standarnya.

Cara Mengatasi Rasa Insecure pada Remaja

Dilansir dari laman resmi SMA Dwiwarna, dalam psikologi munculnya rasa insecure pada diri remaja adalah hal yang wajar karena di usia tersebut mereka sedang membentuk identitasnya.

Di sinilah peran orang tua maupun guru dan orang dewasa di sekitarnya dibutuhkan untuk membantu mengatasi rasa insecure tersebut. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa insecure pada remaja diantaranya adalah:

1. Berpikir Positif

Selalu menumbuhkan pikiran yang positif menjadi salah satu kunci mengatasi perasaan takut secara berlebihan atau insecure. Merasa tidak cantik, tidak pintar, tidak pandai bergaul dan perasaan negatif lainnya hanya ada dalam pikiran kamu saja. Mulailah berpikir dengan cara yang sebaliknya, kamu adalah orang yang menyenangkan dan memiliki banyak kelebihan. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan selama mau terus berusaha sebaik mungkin.

2. Menemukan Kelebihan Diri

Selanjutnya mulailah untuk mengenali diri sendiri untuk mengatasi rasa insecure. Pikirkan apa saja yang kamu senangi dan apa yang kurang disukai. Bisa jadi sesuatu yang kamu senangi tersebut merupakan bakat yang dapat dikembangkan sebaik mungkin.

Menemukan kelebihan diri sendiri termasuk cara mengatasi insecure pada remaja karena dari situlah kamu bisa menjadi sukses. Contohnya kamu senang sekali dengan hitungan maka kembangkan menjadi kelebihan dengan terus belajar matematika.

Siapa tahu suatu saat kamu akan meraih prestasi menjadi juara olimpiade matematika misalnya. Dengan prestasi tersebut maka kamu akan menjadi seseorang yang dikagumi oleh orang lain tanpa melihat penampilan, kondisi sosial ekonomi dan faktor-faktor material lainnya.

3. Penerimaan pada Diri Sendiri

Tidak perlu membandingkan diri kamu dengan orang lain supaya rasa insecure tidak datang menghampiri. Kamu mempunyai kelebihan yang mungkin saja tidak dipunyai oleh orang lain. Mungkin orang lain memiliki kelebihan dalam bidang tertentu tapi kamu juga punya kelebihan dalam hal lainnya.

Jika diibaratkan tidak mungkin menyamakan burung dengan ikan karena keduanya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Kamu hanya harus mulai menerima diri sendiri bahwa setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan termasuk diri sendiri.

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Setelah berhasil menemukan apa kelebihan diri sendiri dan menerimanya sebagai suatu anugerah ini saatnya kamu mengembangkannya. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengembangkan kelebihanmu tersebut. Contohnya kalau kamu suka olahraga lakukan setiap saat ketika tidak ada tugas yang harus dikerjakan. Akan lebih menyenangkan lagi kalau kamu mengajak juga teman-teman yang lain.

Pada prinsipnya cara mengatasi insecure pada remaja harus berasal dari diri sendiri dulu. Guru maupun orang tua hanyalah pendukung yang akan membantu kamu mengatasi perasaan takut atau perasaan tidak aman tersebut. Perasaan insecure bisa diatasi dengan mengembangkan nilai-nilai positif pada diri kamu dan mengubahnya menjadi prestasi.