4 Cara Membaca Pikiran Orang Lain Menurut Psikologi

Pengertian Terapi Perilaku Kognitif, Jenis, dan Cara Melakukannya
Pengertian Terapi Perilaku Kognitif, Jenis, dan Cara Melakukannya

Healmind – Simak 4 cara membaca pikiran orang lain menurut psikologi, di sini.

Cara membaca pikiran orang menurut psikologi merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang diminati banyak orang. Menganalisa apa yang dipikirkan orang bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Cara Membaca Pikiran Orang Menurut Psikologi

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan manusia untuk mengetahui atau membaca pikiran manusia lainnya. Di antaranya sebagai berikut:

1. Lewat Gerakan Tubuh dan Ekspresi Wajah

Dikutip dalam buku Seni Membaca Isi Hati, Pikiran, dan Perasaan Orang Lain lewat Ekpresi Wajah, Nada Bicara, Tatapan Mata dan Tingkah Laku karya Axela Kayli, dijelaskan bahwa rahasia membaca ilmu wajah sudah sejak lama dikenal dalam ilmu psikologi. Biasanya orang-orang menggunakannya untuk wawancara kerja, mencari kandidat bergengsi, dan lain sebagainya.
Gerakan tubuh dan ekpresi wajah merupakan cara yang cukup akurat, terutama pada detik pertama. Karena pada detik pertama merupakan tanda reflek seseorang.

2. Susunan Bahasa yang Digunakan

Apa yang dikatakan oleh seseorang merupakan cerminan dari isi hatinya. Walaupun terkadang ada orang yang berbohong atau memanipulasi ucapannya. Tetapi, sebenarnya jika diperhatikan secara cermat akan nampak sikap seseorang
Orang yang memiliki jiwa kasih sayang tinggi, biasanya ketika membahas tentang kemanusiaan ucapannya tidak jauh dari kalimat-kalimat pengasih dan penyayang dan lain sebagainya.

3. Nada Bicara

Nada bicara seseorang juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendeteksi atau menganalisa pikiran.
Sama seperti pemilihan bahasa atau pemilihan kata yang dijelaskan pada poin kedua, walaupun seseorang menggunakan nada bicara yang lembut, tapi jika ia berniat menyakiti, maka kalimat yang diucapkan akan terdengar menyakitkan. Begitupula sebaliknya.

4. Memperhatikan Matanya

Salah satu anggota tubuh yang dipercaya tidak bisa berbohong adalah mata. Sebagian orang mengatakan bahwa mata merupakan pintu menuju jiwa. Ia memiliki pancaran energi yang kuat dari sang tuannya.
Orang yang sedang menyimpan dendam, bersedih, bahagia, marah, benci, kecewa, dan suasana hati lainnya bisa dianalisa lewat tatapan matanya.
Itulah 4 cara membaca pikiran orang lain menurut psikologi.***