3 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya

Healmind – Simak 3 pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental, di sini.

Melansir World Health Organization atau WHO, angka kematian karena depresi cukup tinggi, khususnya untuk yang berumur 15 hingga 29 tahun.

Hal ini terjadi karena ada banyak sekali stigma negatif mengenai kesehatan mental sehingga banyak orang yang takut untuk mencari bantuan dan berakhir pada kematian.

Menjaga kesehatan mental sendiri sangatlah penting karena akan mendukung lancarnya segala kegiatan sehari-hari dan menghindarkan dari penyakit tertentu.

Untuk bisa sehat secara mental, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah menjaga pola hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang akan menjaga kesehatan mental.

Pola Hidup Sehat Jaga Kesehatan Mental

1. Berolahraga

Aktif secara fisik ternyata tidak hanya akan membuat badan lebih sehat, namun juga akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) yang berpusat di Inggris, menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan mental, dalam hal kepercayaan diri, motivasi untuk mencapai tujuan dan menghadapi tantangan, dan meningkatkan suasana hati.

Menurut Healthline, beberapa aktivitas ringan, seperti peregangan, berjalan-jalan, menari, hingga melakukan pekerjaan rumah akan membantu dalam meningkatkan aliran darah yang akan membuat tubuh merasa rileks dan bahagia.

2. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan tertentu ternyata akan sangat mempengaruhi kesehatan mental.

Seperti yang dilansir oleh Healthline, ada beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi baik untuk meningkatkan suasana hati, seperti pisang, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, ikan dengan protein tinggi, dan buah beri.

Tidak hanya itu saja, beberapa jenis makanan juga perlu dihindari karena akan mendehidrasi tubuh sehingga tubuh tidak bisa bekerja secara optimal, seperti alkohol, karbohidrat olahan, kafein, dan makanan atau minuman yang terlalu manis.

3. Menghindari Stres

Salah satu faktor yang mempengaruhi terganggunya kesehatan mental adalah adanya stres yang dirasakan.

Stres sendiri bisa datang dari dalam dan dari luar, seperti adanya tujuan yang belum tercapai, tuntutan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari stres yang berlebih, Anda disarankan untuk rehat sejenak dan fokus dengan yang terjadi pada saat ini.

Cara ini disebut dengan mindfulness yang membuat Anda hanya fokus pada pikiran dan perasaan yang terjadi pada tubuh dan sekitar Anda pada saat ini.

Itulah 3 pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental.***